Sigap! Prajurit Yonif 511/DY Bantu Korban Laka Lantas

Tampak Prajurit Yonif 511/DY bersama warga mengevakuasi korban laka lantas ke ambulance. Laka tunggal itu terjadi dekat Pos Samleber di Jalan Trans Papua KM 92 Sota, Distrik Sota Kabupaten Merauke, Minggu (6/11/2022). Foto-Ist/TN.

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Minggu 6 November 2022, Letda Ckm dr. Muhammad Gufron Nusyirwan mendapat panggilan melalui Radio SSB (Single Side Band) oleh Pos Samleber. Panggilan tersebut menginformasikan tentang kecelakaan lalu lintas tunggal di dekat Pos Samleber di Jalan Trans Papua KM 92 Sota, Distrik Sota Kabupaten Merauke.

Dari Pos Samleber juga menyampaikan bahwa korban kecelakaan tergeletak tak sadarkan diri dan mengalami luka cukup parah. Mendengar informasi tersebut, Dokter Satgas Yonif 511/DY bersama tim kesehatan Pos Kotis bergegas menuju lokasi kejadian dan melakukan pertolongan pertama kepada korban.

Yepi (43), saksi mata yang melihat kecelakaan itu mengungkapkan bahwa awalnya korban dari arah Merauke menuju ke arah utara dengan kecepatan tinggi.

“Tadi saya lihat ibu itu kecepatan tinggi, pada saat di tikungan motornya tidak terkendalikan, sehingga setelah saya melewati tikungan, saya melihat ke belakang, motornya sudah jatuh dan menabrak pagar pembatas jalan. Lalu saya turun dan melihat kondisi ibu itu, ternyata sudah tergeletak dan mengeluarkan banyak darah. Lalu saya pergi menuju ke arah Pos TNI terdekat untuk meminta pertolongan kepada om TNI,” urai Yepi di lokasi kejadian.

Korban dievakuasi menggunakan Ambulance Satgas Yonif 511/DY ke Puskesmas Sota karena mengalami luka cukup parah. Dokter Satgas Yonif 511/DY menyampaikan bahwa dugaan awal bahwa korban mengantuk dan motornya melaju dengan kecepatan tinggi.

“Sepertinya, motor melaju dengan kecepatan tinggi, dan korban dalam keadaan mengantuk sehingga menabrak pembatas jalan,”ujar Letda Ckm dr. Muhammad Gufron.

Dansatgas Yonif 511/DY yang ikut turun melihat proses evakuasi menuturkan bahwa korban bernama Elisabet Reta Barumak (26), yang berdomisili di Merauke itu mengalami luka yang cukup parah.

“Dari luka yang kami lihat, korban mengalami cedera kepala ringan, luka robek di dagu dan bibir, patah tulang terbuka di lengan bawah sebelah kiri. Untuk kondisi kendaraan honda beat putih milik korban mengalami ringsek di bagian depan,”ungkap Letkol Inf Rully Noriza, S.I.P M.I.P.