2,728 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Sorong, bekerjasama dengan Kilang Kasim melakukan pelatihan kebencanaan untuk perwira pertamina dan masyarakat dalam situasi pandemi Covid-19.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPBD sorong, General Manager RU VII Kasim, perwira pertamina secara daring atau online. Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 sehingga pelaksaan sosialisasi ini bisa di laksanakan via daring.

Kegiatan ini sebelumnya juga sudah pernah dilakukan saat memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), pada Maret 2021 lalu, dan bertahap dilakukan hingga Agustus 2021. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh perwira Kilang Kasim, dimana penyampaian materi langsung disampaikan oleh kepala BPBD Sorong, Herlin Sasabone.

“Sosialisasi kepada perwira RUVII ini meliputi analisis peta bencana, jenis bencana, dan potensi daerah rawan bencana di sekitar area kerja Kilang Kasim”, ungkap Herlin Sasabone.

Herlin berharap, lewat sosialisasi tersebut Kilang Kasim dapat meneruskan informasi tentang tanggap kebencanaan ini kepada masyarakat binaan di Distrik Seget.

“Karena kiprah dan kedekatan Kilang RU VII Kasim dalam pemberdayaan masyarakat, maka kami (BPBD) sangat terbantu atas kontribusi Kilang RUVII Kasim atas upaya sosialisasi kebencanaan yang dilakukan di masyarakat. Sehingga tugas BPBD untuk menyampaikan sosialisasi ini dapat terbantu ke pelosok kampung, “imbuhnya.

Sementara itu, Dodi yapsenang, selaku Manager CSR kilang RUVII kasim mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mengupayakan bantuan tas kebencanaan untuk program tanggap bencana kepada masyarakat.

“Saya rasa ini waktu yang tepat, mengingat kami sudah diberi sosialisasi oleh BPBD tentang tanggap kebencanaan, jadi saat penyerahan alat (tas kebencanaa) nanti, kami bisa lakukan sosialisasi juga kepada masyarakat”, ujar Dodi Yapsenang.

Dodi membeberkan, rencana kedepan, Kilang Kasim akan menindaklanjuti kegiatan positif ini dalam bentuk perencanaan jalur evakuasi, isu bencana kebakaran, banjir, longsor, dan abrasi di daerah Masyarakat Distrik Seget.

“Fokus Kilang Kasim kedepannya, tidak hanya berfokus terhadap operasi kilang, tetapi juga bencana alam yang berpotensi terjadi di Masyarakat.Hal ini merupakan komitmen Kilang RU VII Kasim dalam isu tanggap bencana di distrik Seget, ” lanjut Dodi Yapsenang

Di tempat terpisah, Manager HSSE, Dianuri Kusumawardani, menjelaskan bahwa dirinya sudah berkordinasi dengan Manager CSR Kilang Kasim untuk berkolaborasi dalam isu tanggap kebencanaan di Kilang Kasim dan Masyarakat sekitar (Distrik Seget)

“Jadi untuk tas kebencanaan, itu sudah disiapkan oleh kami, sehingga nantinya kami akan berupaya untuk menyampaikan pelatihan kita dengan BPBD, terkait kebencanaan ke masyarakat Distrik Seget.
Didalam tas kebencanaan, terdapat logistik, materi tanggap bencana, serta alat yang dapat digunakan saat darurat kebencanaan,”ujarnya.

Tas tersebut, kata Dianuri, sudah komplit untuk aspek kebencanaan alam, jadi pihaknya tidak hanya memberikan bantuan alat, tetapi terdapat materi didalamnya yang dapat dipelajari masyarakat dalam mengantisipasi bencana yang berpotensi terjadi di daerah mereka.

Berita lain untuk anda

Pelaku Begal Yang Beraksi di Kabupaten Sorong Dibekuk, 32 Motor Curian Diamankan

 2,737 kali dilihat 2,737 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Kapolres Sorong, AKBP Iwan Manurung mengapresiasi anggotanya…

Tahun 2022, Kominfo Merauke Bangun Empat Jaringan Internet Pemda

 6,601 kali dilihat 6,601 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Tahun 2022, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo)…

NasDem Papua Barat Akan Realisasikan hasil Rakernas

 8,103 kali dilihat 8,103 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem tahun…

Horee.. Besok Ditpolairud Polda Papua Barat Gelar Vaksinasi Plus Bagi-bagi Hadiah

 2,719 kali dilihat 2,719 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM SORONG – Kabar gembira bagi masyarakat kota Sorong yang…

SKK Migas Bersama Petrogas (Island) Ltd. Dukung Fasilitas Kolam Air Bagi Masyarakat Kampung Meyaup

 2,579 kali dilihat 2,579 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Guna mempermudah masyarakat di sekitar wilayah operasi,…

Untuk Awal Juli Nanti, Dinkes Merauke Telah Siapkan 64 Ribu Dosis Vaksin

 2,576 kali dilihat 2,576 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke telah menyiapkan sebanyak…

Bakal Calon Anggota DPD RI Terus Berdatangan ke KPU PPS

 6,632 kali dilihat 6,632 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Hingga Minggu (8/1/2023) sore tercatat delapan bakal…

Pak Wali, Pak Gubernur Tolong Liat Jalan Ini Kaaa..

 2,690 kali dilihat 2,690 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – ” Pak Walikota dan pak Gubernur tolong…

Polres Sorsel Buru Pelaku Begal Dua Nakes di Teminabuan

 3,296 kali dilihat 3,296 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG SELATAN- Kasus begal terhadap tenaga kesehatan (nakes) yang…

Badan Pengurus Masyarakat Imekko Bersatu Papua Barat Daya Dilantik

 2,763 kali dilihat 2,763 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Badan Pengurus masyarakat adat  Inanwatan, Metamani, Kais dan…