Berita

Siap-siap, 4 Kabupaten di Papua Ini Akan Difokuskan pada Pariwisata dan Investasi

×

Siap-siap, 4 Kabupaten di Papua Ini Akan Difokuskan pada Pariwisata dan Investasi

Sebarkan artikel ini
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. (foto: Instaram/bahlillahadalia).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan terdapat empat kabupaten di Papua yakni Kepulauan Yapen, Biak Numfor, Sarmi, dan Waropen, akan difokuskan pada sektor pariwisata dan investasi.

“Kalau di empat kabupaten ini difokuskan pada pariwisata dan investasi. Investasinya memang perikanan,” kata Bahlil usai menghadiri peluncuran Sail Teluk Cenderawasih di Jakarta, dikutip Teroponews, Jumat (3/2/2023).

Bahlil menyebut, pihaknya bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif akan membangun pabrik Pupuk Kaltim di wilayah Papua Barat dengan nilai investasi kurang lebih Rp 20 triliun.

4317
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Total investasi dengan hulu migas itu sekitar Rp 40 triliun-Rp 50 triliun akan kita lakukan di 2023 mulainya. Kalau ditanya bobotnya gimana, pariwisata, investasi dan nasionalisme. Membangun negara ini bagaimanapun NKRI adalah kerangka dalam membangun kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Sementara, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengatakan bahwa wilayahnya menargetkan akan mengekspor tuna, yellowfin, bluefin, kepiting, udang serta beberapa potensi lain yang ada di empat kabupaten selama penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih yang berlangsung hingga November 2023.

“Kami perlu sampaikan juga komitmen bahwa sampai saat ini kami di wilayah Saereri di Teluk Cenderawasih khususnya di Biak kami sudah tidak mendatangkan telur ayam dan beberapa produk dari luar karena kami sudah produksi sendiri,” ujar Herry. Dirinya berharap Papua Sail Teluk Cenderawasih dapat menjadi sumbu pertumbuhan ekonomi Indonesia di Pasifik untuk wilayah timur.

“Inilah yang menjadi komitmen kami dalam pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih pada 2023,” katanya.

Sebagai informasi, Sail Teluk Cenderawasih 2023 akan segera diselenggarakan. Acara puncak akan berlangsung pada bulan November 2023.