Selama Ramadhan, THM di Bogor Dilarang Beroperasi

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BOGOR – Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan telah menerbitkan tersurat edaran larangan Tempat Hiburan Malam (THM) di Kabupaten Bogor beroperasi selama bulan suci Ramadhan. Larangan itu dilakukan untuk menciptakan suasana ibadah puasa Ramadhan yang aman dan nyaman.

“Kami larang THM yang beroperasi di bulan Ramadhan, ini kami lakukan agar pelaksanaan puasa di Kabupaten Bogor berjalan dengan aman dan nyaman,” tegas Iwan Setiawan dalam surat edaran yang diterima Teropongnews.com, di Bogor, Selasa (14/3/2023).

Larangan itu tertuang dalam Surat Edaran Bupati Bogor Nomor 300.1/183/III/Sat.Pol.PP tentang kesiapsiagaan dalam mengantisipasi gangguan ketenteraman dan ketertiban umum di wilayah Kabupaten Bogor yang diterbitkan pada Selasa, 7 Maret 2023.

Beberapa langkah kesiapsiagaan terdiri dari pertama, peningkatan peran camat se-Kabupaten Bogor untuk berkoordinasi dengan Polsek dan Koramil setempat, dalam hal melaksanakan patroli gabungan selama bulan Ramadhan pada jam rawan terjadinya gangguan ketenteraman dan ketertiban umum antara jam 22.00 WIB sampai dengan jam 05.00 WIB.

Kemudian untuk mewujudkan toleransi antar umat beragama, dan dalam rangka menciptakan ketenteraman dan ketertiban umum di wilayah selama bulan suci Ramadhan, maka para pengusaha rumah makan, warung makan, dan sejenisnya dapat menghormati umat muslim yang melaksanakan ibadah.

“Lalu untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya tawuran pada jam berbuka puasa, setelah sholat tarawih dan saat sahur, dengan melakukan patroli rutin dan segera membubarkan diri, apabila terlihat ada kerumunan yang diduga berpotensi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” kata dia.

Larangan kepada para pemilik usaha Tempat Hiburan Malam, Pengusaha Karaoke, Arena Bernyanyi dan sejenisnya, Panti Pijat dan sejenisnya untuk tidak beroperasi selama Bulan Suci Ramadhan, dalam rangka menjaga toleransi antar umat beragama selama Bulan Suci Ramadhan.

Serta untuk meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait, dalam rangka penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum.

Tidak hanya melarang, Iwan Setiawan juga meminta kepada jajaran Satpol PP Kabupaten Bogor untuk tegas dan menindak langsung, jika ada pengusaha THM bandel yang tetap beroperasi saat puasa nanti.

“Saya minta Satpol PP untuk segera mendata ulang perizinan THM, baik izin bangunan ataupun izin operasionalnya,” tegas dia.