Selain Ketahanan Pangan, Panen Padi di Yonmarhanlan Merauke Sebagai Motivasi Warga Sekitar

Pelaksanaan panen padi di Lahan Yonmarhanlan XI Merauke. Foto-Getty/TN)

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke melaksanakan kegiatan panen raya padi di lahaan sekitar 2 Ha, tepat di kawasan lahan pertanian Mako Yonmarhanlan XI Merauke.

Panen raya padi ini sudah kesekian kalinya dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka ketahanan pangan, ucap Aspotmar Danlantamal XI Merauke, Kolonel Marinir Andi Rahmat. M. Aspotmar, Rabu (7/10/2020) di lahan siap panen.

“Selain itu, kita juga melaksanakan perintah dari pimpinan Panglima TNI melalui Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dalam mengantisipasi wabah atau pandemi Covid 19, agar Komandan Satuan menyiapkan lahan dan melakukan penanaman kebutuhan pokok prajurit,” tambahnya.

Berdasarkan hal tersebut, Lantamal XI bersama Yonmarhanlan XI memanfaatkan lahan di sekitar Mako Yonmarhanlan XI untuk ditanami padi. Langkah yang sudah dilakukan Lantamal XI ini sekaligus sebagai edukasi bagi masyarakat sekitar sehingga diharapkan bisa berbuat yang sama dalam mengantisipasi wabah Pandemic Covid-19 yang belum berakhir.

Selain itu, lahan yang tersedia di Mako Yonmarhanlan XI juga ditanami tanaman buah pisang. Kegiatan dilaksanakan tetap mengacu kepada protokol Covid dengan mengukur suhu tubuh, menggunakan masker, menjaga jarak dan menyiapkan hand sanitizer.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asrena Danlantamal XI, Danyonmarhanlan XI, Dandenma Lantamal XI, Kadispotmar Lantamal XI dan perwakilan masyarakat sekitar.