458 total views (dibaca)

Makassar, TN – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat Gani meminta konsep pendidikan Merdeka Belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim ditetapkan secara maksimal di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Merdeka belajar adalah sebuah konsep dan metode yang menekankan kebebasan dalam berkreasi, improvisasi dan berinovasi tenaga pendidik dalam menggali potensi diri yang dimiliki sisiwa. Titik tekannya ada pada tiga potensi kecerdasan manusia, yakni kecerdasan emosional, intelektual dan spiritual,” jelas Abdul Hayat kepada wartawan, di Makassar, Sabtu (14/3).

Untuk itu, Abdul Hayat menekankan perlunya antisipasi pengembangan individu yang kuat oleh setiap tenaga pendidik agar mampu beradaptasi dengan kebijakan ini. “Perlu antisipasi pengembangan individu yang kuat (oleh tenaga pendidik) agar mampu beradaptasi dengan kabijakan ini,” ujar Hayat.

Dihubung terpisah, pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Basri menyebutkan, metode Merdeka Belajar sangat menguntungkan sekaligus menjadi tantangan tersendiri untuk tenaga pengajar karena adanya kebebasan dalam menentukan metode belajar sesuai potensi yang dimiliki oleh masing-masing sekolah.

“(Merdeka Belajar) memberi ruang kepada sekolah untuk berkreasi dan berinovasi sesuai potensi sekolahnya, bahkan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa dirancang oleh kepala sekolah dan guru. Yang diutamakan adalah guru berinovasi dan berkreasi agar di kelas pembelajaran menyenangkan,” kata dia.

Lebih lanjut metode Merdeka Belajar juga akan mengganti ujian nasional menjadi Assessment Kompetensi serta adanya survey karakter bagi para siswa untuk lebih mengenal individu para peserta didik yang nantinya akan disesuaikan dengan metode pembelajaran di kelas. Artinya, lanjut Basri, titik tekan metode Merdeka belajar melalui pendekatan secara individu kepada sisiwa.

“Intinya guru tidak boleh memaksakan keinginanya pada personality siswa. Untuk dipastikan anak mampu efektif dalam psikotes saat pengenalan sekolah,” tandas dia.

Berita lain untuk anda

BP Jamsostek Papua Barat Bantu Sembako Kepada Pekerja Yang Di PHK

 413 total views (dibaca)  413 total views (dibaca) Sorong,TN – BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) cabang Papua Barat…

Kelompok Tani Seed Agung Terima Bantuan Bibit Kopi

 428 total views (dibaca)  428 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kelompok tani petani kopi di Kampung…

Merasa di PHP, Masyarakat Adat Suku Karay Somasi PT Sinarmas Group

 415 total views (dibaca)  415 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Kuasa Hukum Masyarakat Adat Suku Karay…

Kepala BPMPK , Kampung Menyelesaikan Masalahnya Sendiri

 452 total views (dibaca)  452 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, -SENTANI – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK)…

DPRD Akan Minta Pendapat Pusat Hidro Oseanografi Soal LIN dan Provinsi Kepulauan

 448 total views (dibaca)  448 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Saat ini Maluku sementara berjuang, untuk…

DPRD Maluku Jalankan Agenda Pengawasan Tahap II di Lima Kabupaten

 3,800 total views (dibaca)  3,800 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – DPRD Provinsi Maluku sementara menjalankan agenda…

Calon Tunggal Kapolri, Listyo Sigit Prabowo Ternyata Lahir di Ambon

 472 total views (dibaca)  472 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA- Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, adalah seorang polisi…

RESES, Stanis Hike Banyak Mendapat Masukan Pendidikan di Kampung Yoka

 457 total views (dibaca)  457 total views (dibaca) TEROPONG NEWS.COM, JAYAPURA – Anggota DPRD Kota Jayapura dari…

Pemda Merauke dan Para Pihak Ini Siap Berkolaborasi Memajukan Sektor Pertanian

 446 total views (dibaca)  446 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pemda Merauke bersama Komisi B DPRD…

Satgas TMMD ke-110 Kodim 1802/Sorong Gelar Pengobatan Gratis

 415 total views (dibaca)  415 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat tentang…