Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Ruslan Hurasan. Foto-Ist/TN

 1,194 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sejumlah persoalan di Maluku akan Diperjuangkan Komisi II DPRD Provinsi Maluku ke Pemerintah Pusat (Pempus). Persoalan ini ditemui Komisi II, saat melakukan agenda pengawasan.

“Kita akan menemui empat kementerian di Jakarta, yakni Kementerian Pertanian, Lingkungan Hidup dan Kehutanan, ESDM, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),” kata Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Ruslan Hurasan saat dihubungi dari Ambon, Kamis (14/7/2022).

Saat ini, kata dia, Komisi II sementara menjalankan agenda penyampaian aspirasi ke Jakarta. Dalam agenda penyampaian aspirasi tersebut, sejumlah persoalan yang terjadi akan disampaikan keempat kementerian dimaksud.

Menurutnya, ada beberapa kebijakan pemerintah pusat yang dampaknya sangat merugikan masyarakat di daerah. Salah satunya adalah Provinsi Maluku.

“Di sektor pertanian, komisi II akan menyampaikan soal Roadmap Food Estate Provinsi Maluku, pembangunan sarana prasarana penunjang kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Savana Jaya Waeapo Kabupaten Buru, serta penyediaan alat dan mesin pertanian bagi petani di Maluku,” ungkap Hurasan.

Sementara di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, lanjut Hurasan, pihaknya akan meminta pengadaan fasilitas peralatan laboratorium lingkungan hidup untuk pengujian kualitas air, tanah, udara dan emisi kendaraan bermotor, pemberian DAK kepada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku yang telah dihentikan sejak tahun 2017.

“Kemudian, pelimpahan kewenangan atau urusan kepada pemda, terkait dengan aset Departemen Kehutanan yang telah masuk dalam daftar penghapusan, agar diserahkan ke Pemprov Maluku, serta dana bagi hasil kehutanan khususnya PSDH,” ujarnya.

Di Kementerian ESDM, menurut Hurasan, komisi II akan menyampaikan terkait pembinaan dan pengawasan oleh daerah, pengangkatan inspektur tambang daerah, pemberian DAK bidang energi skala kecil, serta energi baru terbarukan, dan konservasi energi kepada Dinas ESDM Maluku untuk melistriki desa atau dusun terpencil.

Sementara di KKP, pihaknya akan menyampaikan keluhan dari warga saat menjalankan agenda pengawasan, yakni soal kemudahan bagi nelayan di Maluku untuk mendapatkan BBM, dengan tersedianya Stasiun Pengisian Bahan Bakar bagi Nelayan (SPBN), khususnya di Kabupaten Kepulauan Aru dan Buru.

“Bukan saja itu, kami akan minta adanya kebijakan tentang perikanan terukur. Karena selama ini ada sejumlah kebijakan yang sangat merugikan Maluku pada WPP 714 sebagai wilayah konservasi, yang banyak mengeksploitasi kekayaan laut,” tegas Hurasan.

Lebih lanjut dia berharap, saat menyampaikan aspirasi, ada respon positif dari pihak kementerian terkait, dan bisa segera ditindaklanjuti.

“Harapan kami, respon positif nantinya bisa membawa dampak yang signifikan untuk Maluku, baik dari sisi regulasi maupun kebijakan,” harap Hurasan.

Berita lain untuk anda

Satgas Covid-19 Kaimana Terima APD Dari Pemprov PB

 714 total views (dibaca)  714 total views (dibaca) Kaimana, TN – Tim Satgas Corona Kabupaten Kaimana telah…

Operasi Dadakan di Lapas Kelas IIB Merauke, Kapolres Sebut Masih Temukan Sajam

 718 total views (dibaca)  718 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sekitar pukul 03.30 Wit, Kapolres Merauke…

Wali Kota: Angka Stunting di Ambon Harus Dibawah 14 Persen

 662 total views (dibaca)  662 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan,…

Pabrik Miras Lokal di Merauke Digerebek Polisi

 727 total views (dibaca)  727 total views (dibaca) Merauke, TN – Tim Opsnal Reskrim Polres Merauke berhasil…

Lanud DMA Merauke Gencar Laksanakan Vaksin Mobile

 715 total views (dibaca)  715 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Petugas Kesehatan Lanud J.A. Dimara gencar…

Larangan Izin Keramaian Segera Dikeluarkan Pemprov Kaltim

 795 total views (dibaca)  795 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, BALIKPAPAN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) segera…

Mulai Beredar Rokok Ilegal, Tim Bea Cukai Merauke Lakukan Sosialisasi

 749 total views (dibaca)  749 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea…

Isu Murahan Menyesatkan, Tulak : Ruas Jalan Yaru – Kasira Gunakan APBD Telbin

 724 total views (dibaca)  724 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI– Masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni, lebih khusus warga…

Kantor Bappenda Kabupaten Jayapura Terbakar

 706 total views (dibaca)  706 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Kantor Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda)…

Karantina Pertanian Sorong Musnahkan Benih Ilegal dari Luar Negeri

 715 total views (dibaca)  715 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG- Stasiun Karantina Pertanian kelas I Sorong memusnahkan benih…