Peserta Pelatihan Sedang mendengar Penjelasan dari Salah satu Pemateri, Foto Hizkia /TN

 3,113 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, WAISAI – Sebanyak 100 peserta terlibat dalam kegiatan sosialisasi terhadap Kesiapsiagaan Bencana di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat. Kegiatan sosialisasi kesiapsiagaan Bencana untuk Taruna Siaga Bencana (Tagana), Masyarakat dan Guru-Guru berlangsung di Gedung Dharma Wanita, Kota Waisai, Raja Ampat, Jumat (2/12/2022).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kabupaten Raja Ampat Martha M Sanadi melalui Kepala Seksi Bencana Alam, Abraham Rumbewas, S.H, yang ditemui usah kegiatan sosialisasi menerangkan bahwa kegiatan sosialisasi yang dilakukan pihaknya dalam rangka menyiapkan Anggota Tagana dan Masyarakat umum serta guru-guru untuk bagaimana mempersiapkan diri sejak dini ketika bencana itu datang. Selain itu, peserta juga dijelaskan terkait bagaimana memberikan bantuan kepada korban bencana.

“Kegiatan ini dalam rangka menyiapkan anggota kagana dan masyarakat untuk menyiapkan diri sejak sini ketiga ada bencana yang datang, dan juga melatih anggita kagana dan masyarakat terjun langsung dalam memberikan bantuan,” ucap Abraham Rumbewas.

Kegiatan ini juga dalam rangka mempersiapkan anggota tagana untuk menyiapkan diri membantu warga ketika ada bencana, bantuan yang dimaksudkan adalah bagaimana menyiapkan kebutuhan logistik dan peralatan yang dibutuhkan dalam membantu korban bencana alam.

Perseta sebanyak 100 orang yang terdiri dari 75 anggota Tagana dan OPD terkait, BPBD, Basarnas Raja Ampat, Kantor Perbatasan, Satpol PP, dan Dinas Pendidikan yang diwakili oleh guru-guru yang terdiri dari SD, SMP, SMA/SMK.

Diharapkan setelah kegiatan ini, peserta bisa memahami materi yang telah diberikan oleh pemateri hingga kelak materi ini akan disosialisasikan kepada masyarakat di kampung-kampung.

“Kita berharap kepada peserta agar banyak belajar dalam pelatihan ini sehingga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat di raja Ampat yang berada di kampung-Kampung bagaimana memberikan pertolongan dan bantuan kepada korban ketika bencana datang,” ujar Abraham mengakhiri.

Berita lain untuk anda

Dompet Peduli NasDem Sasar Pelaku UMKM, Ada Hadiah Doorprize

 2,575 kali dilihat 2,575 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Bantuan modal usaha melalui dompet peduli terus…

Pemkab Maybrat Gelar Musrenbang Tingkat Distrik

 2,640 kali dilihat 2,640 kali dilihat TRROPONGNEWS.COM, MAYBRAT-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maybrat gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang)…

Soal Pemasangan Tiang Listrik di Lelingluan, Legislator Angkat Suara

 3,202 kali dilihat 3,202 kali dilihat Ambon, TN – Legislator di DPRD Provinsi Maluku akhirnya angkat…

BPS Merauke Siapkan 35 Tenaga Survei Potensi Desa Tahun 2021

 2,818 kali dilihat 2,818 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Merauke menggelar…

Pengawasan Laut Raja Ampat Dinilai Lemah, Bupati AFU Minta Kewenangannya Diberikan ke Pemkab Raja Ampat

 4,087 kali dilihat 4,087 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Rapat kerja bupati/walikota se Papua Barat di gedung…

Jelang Natal, Pemkot Sorong Gelar Pasar Murah

 3,242 kali dilihat 3,242 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dalam rangka menyambut hari raya Natal 2022 dan…

Bupati Keluarkan SK, Subhan Jabat PLT Direktur RSUD Kaimana

 2,442 kali dilihat 2,442 kali dilihat TEROPOGNEWS.COM, KAIMANA- Bupati Kaimana Fredy Thie akhirnya mengambil langkah cepat…

Dua Oknum Anggota Polda Papua Barat Yang Jilat Kue HUT TNI di-PTDH

 5,481 kali dilihat 5,481 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM. MANOKWARI – Bripda YFP dan Bripda DMB, dua polisi…

Gubernur Kalimantan Utara Mulai Bertugas

 2,584 kali dilihat 2,584 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Setelah resmi menjadi Gubernur Kalimantan Utara…

Oknum Mandor PT Yellu Mutiara Lokasi Waf Diduga Selingkuhi Karyawannya saat masih Aktif Bekerja

 4,032 kali dilihat 4,032 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Salah satu oknum karyawan PT Yellu Mutiara…