Berita

SDM Pegang Peran Penting Dalam Kemajuan Pariwisata di Sorong

×

SDM Pegang Peran Penting Dalam Kemajuan Pariwisata di Sorong

Sebarkan artikel ini
bimbingan teknis pengembangan potensi wisata bahari yang digelar di Rylich Panorama Hote. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Anggota DPR Komisi X Robert Joppye kardinal bersama dengan Direktorat Event daerah deputi bidang produk wisata dan penyelenggaraan kegiatan (Event), pada Kementerian Pariwisata RI menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di Sorong.

Bimtek yang digelar di Rylich Panorama hotel, Kamis (3/3/202) dengan melibatkan unsur pemuda di Sorong itu bertujuan untuk mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengembangkan potensi wisata bahari yang ada di Sorong.

Salah satu pemateri, Ismail yang juga dosen di Politeknik Perikanan Kelautan Sorong mengatakan bahwa dalam konteks pengembangan pariwisata, SDM berupa pemuda mempunyai peranan yang besar.

4312
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Di negara kita, motivasi dan kreativitas masyarakat masih kurang sehingga perlu dibangun motor-motor penggerak atau motivator yang ada di desa. Kalau sudah disatukan sistem sebagai teorinya dan kemudian motivator sebagai penggeraknya, ini bisa menghasilkan suatu potensi wisata yang dulunya tidak bisa bangkit. Nanti pemerintah tinggal membangun event-eventnya untuk selalu tumbuh,”jelas Ismail.

Menurutnya, masyarakat berperan penting dalam mendukung pengembangan pariwisata daerah yang bertujuan untuk mengembangkan potensi daerah yang muncul dari alam, sosial budaya atau ekonomi masyarakat.

“Potensi wisata bahari di kota Sorong sudah besar karena sudah tercipta secara geografis yang berkaitan dengan Raja Ampat. Misalnya orang kalau bosan di Raja Ampat bisa ke Sorong dua atau tiga hari saja, dengan sebuah event yang seperti apa itu bisa menghasilkan PAD tersendiri,”ungkapnya.

Koordinator Event wilayah I Sumatera-Kalimantan, Joko Suharbowo menjelaskan bahwa kota Sorong dipilih untuk kegiatan Bimtek dan Event, sebab kota Sorong banyak potensi wisatanya baik wisata bahari, keindahan alam maupun potensi hasil kekayaan lautnya.

“Kita sebenarnya di sini ada tiga event, yang pertama adalah event Bimtek, hari kedua dan ketiga besok kita akan melaksanakan kegiatan tapi temanya festival sesuai dengan visi kami. Tapi sebenarnya inti atau tujuannya, kita membantu teman-teman pelaku ekonomi kreatif seperti penari, atau musik yang terdampak pandemi bisa bangkit kembali,”terangnya.

Sementara itu, salah satu peserta Bimtek, Jumain Accan memberikan apresiasi kepada anggota DPR Robert Kardinal karena berinisiatif menggelar Bimtek di Sorong guna mengembangkan potensi wisata yang ada di wilayah itu.

“Kami sangat senang bisa hadir pada kegiatan Bimtek ini, karena lewat kegiatan ini bagaimana kita masyarakat bisa mengembangkan potensi wisata, terutama wisata bahari. Pada pembahasan tadi, ternyata potensi wisata bahari tidak hanya di laut tetapi juga di kali dan sungai,”tuturnya.

Ia berharap, lewat kegiatan ini potensi wisata bahari yang ada di Sorong bisa diangkat dan dikembangkan tentunya dengan dukungan atau support dari pemerintah.