Saus Tomat Cendrawasih, Dari Tanah Papua Untuk Indonesia

Saus Tomat Cendrawasih khas Tofoi, Teluk Bintuni Papua Barat. (Foto: Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Saus tomat menjadi salah satu jenis saus yang banyak digunakan di Indonesia. Saus tomat biasanya identik dijadikan pelengkap cocolan maupun sajian berkuah.

Bahkan saus tomat tergolong mudah untuk ditemukan baik di rumah makan maupun di pasaran.

Saus tomat adalah saus yang dibuat dari buah tomat yang sudah masak ditambah gula, garam, cuka dan rempah-rempah lainnya.

Untuk wilayah Indonesia timur khususnya Papua, produk saus tomat yang didapat kebanyakan berasal dari kota-kota besar dengan brandnya yang terkenal. Saus tomat Indofood dan saus tomat ABC adalah merek-merek saus tomat yang terkenal di Indonesia.

Masyarakat yang ada di Papua kini bisa mendapatkan saus tomat lokal yang diproduksi oleh Unit Olahan Saus Tomat IMURI, distrik Tofoi, kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, binaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) BP Migas.

Saus Cendrawasih, seperti itu nama produknya. Rasanya pun tidak kalah jauh dengan saus tomat yang sudah terkenal.

Citarasa yang manis, gurih, dan aroma yang menggugah selera ini membuat saus tomat cendrawasih cocok untuk dijadikan cocolan ataupun disantap dengan hidangan lainnya.

“Pabriknya ada di Tofoi. Kita buat saus tomat ini karena baru awal di Papua dan selama ini saus tomat didapat dari luar jadi kita mau buat yang lokal punya supaya pengambilannya dari lokal saja, tidak perlu dari luar,”jelas bagian produksi Saus Cendrawasih, Anita Yustina Maboro di pameran UMKM pra forum kapasitas nasional 2022 SKK Migas wilayah Pamalu yang digelar di Vega Hotel Sorong, Selasa (14/6/2022).

Anita mengungkapkan, bahan dasar tomat juga diambil dari lokal dan perhari bisa memproduksi 200 botol perhari sesuai permintaan.

Untuk harga, dijual Rp. 8 Ribu untuk botol ukuran 140 ml, Rp15 Ribu untuk botol 275 ml, dan Rp20 ribu untuk botol 330 ml.

“Beratnya sesuai takaran isi bersihnya, karena botol yang digunakan adalah botol plastik jadi itu sudah berat bersih,”pungkasnya.