Berita

Satu Kasus Varian Omicron Ditemukan di Takalar, Ini Kata Dinkes Sulsel

×

Satu Kasus Varian Omicron Ditemukan di Takalar, Ini Kata Dinkes Sulsel

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Covid-19 Varian Omicron. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Satu kasus Covid-19 varian Omicron terdeteksi di Kabupaten Takalar. Tepatnya di Dusun Barua, Kelurahan Bontomarannu, Kecamatan Galesong Selatan. Warga itu berinisial Na (27).

1459
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Diketahuinya kasus Omicron pertama di Sulsel itu setelah Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan menerima hasil pemeriksaan sequencing (WGS) dari PHEOC dan Litbangkes Jakarta pada 20 Januari 2022.

Ia sebelumnya sempat dari Provinsi Maluku, dikarenakan pria itu bekerja pada perusahaan ikan di Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku. Selain positif Covid-19, Na juga memiliki penyakit penyerta (komorbid).

Dinkes Kabupaten Takalar pun langsung melakukan contact tracing kepada 19 orang dari tenaga kesehatan maupun keluarga yang sempat kontak erat. Hasilnya, mereka dinyatakan negatif Covid-19.

PLT Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Arman Bausat mengatakan, saat ini pasien tengah melakukan isolasi di RSUD Padjonga Dg. Ngalle Takalar.

“Adapun rencana tindak lanjut yang akan dilakukan, Dinas Kesehatan setempat tetap melakukan kegiatan penyelidikan epidemiologi dan pengambilan swab kontak erat (tenaga kesehatan, keluarga pasien) untuk diperiksa sampelnya,” jelasnya kepada wartawan, di Makassar, Senin (24/1/2022).

Menurutnya, pihaknya melakukan kegiatan surveilans ketat di wilayah kerja Puskesmas Bontomarannu dan sekitarnya, dengan memantau perkembangan peningkatan kasus ILI dan pneumonia.