Satu Kasus Covid-19 Kembali Ditemukan di Ambon

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Setelah kurang lebih lima minggu berturut–turut nihil kasus, Satgas Covid-19 Kota Ambon kembali menemukan satu warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengaku, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 adalah warga desa Nania, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

“Pasien yang terkonfirmasi positif ber-KTP Ambon, tinggal di Desa Nania, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, tetapi selama ini orang tersebut lebih banyak berada di Negeri Hatu, Kabupaten Maluku Tengah,” ungkapnya kepada wartawan, di Balai Kota Ambon, Selasa (25/1/2022).

Setelah dinyatakan positif, kata dia, warga tersebut langsung dirawat di RSUD Haulussy. Namun hasil pemeriksaan terkait varian Covid-19 apa yang diderita, masih diproses di laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas II Ambon.

“Kami juga lakukan tracing kepada kontak erat, tetapi hasilnya nanti tergantung pemeriksaan sampel di BTKLPP, apakah positif atau tidak. Sementara, baru empat orang yang ditracing,” ujarnya.

Pelupessy menjelaskan, kasus ini bukanlah kejadian luar biasa, karena kasus Covid-19 tetap diketemukan selama screening. “Tidak termasuk KLB,” tukasnya.

Terkait dengan skor Kota Ambon pada peta resiko penyebaran Covid-19 di Maluku, yang sebelumnya berada pada Zona Hijau, Menurut Pelupessy, nantinya akan ditentukan oleh Satgas Covid-19 di tingkat pusat.

“Nanti kita lihat, skor ditentukan oleh pusat, mungkin saja bisa berpengaruh, karena sudah ada kasus,” tandas Pelupessy.

Untuk diketahui dengan penambahan satu kasus Covid-19, maka total konfirmasi positif di Kota Ambon menjadi 8.881 orang, sembuh 8.714, dan meninggal 166 orang.