Satu Data Untuk Sulsel dan Indonesia, Ini Komitmen Pemprov dan BPS

Rapat Koordinasi Daerah Persiapan Pelaksanaan ST2023, Evaluasi LF 2020 dan Evaluasi Kegiatan Teknis Lainnya, di Hotel Claro Makassar, Kamis (25/8/2022). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel komitmen satu data, untuk Indonesia dan khususnya Sulsel.

Hal tersebut disampaikan pada acara Rapat Koordinasi Daerah Persiapan Pelaksanaan ST2023, Evaluasi LF 2020 dan Evaluasi Kegiatan Teknis Lainnya, di Hotel Claro Makassar, Kamis (25/8/2022).

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat, mengatakan, semua harus berkomitmen untuk mewujudkan satu data melalui kolaborasi BPS Sulsel, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkup Pemprov dan kabupaten/kota se-Sulsel.

“Orang yang kuat adalah orang yang bisa berkerja dalam bentuk team work, dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Jadi kita semua tentunya harus komitmen satu data untuk Indonesia,” kata Abdul Hayat.

Ia mengatakan, dalam menjalankan tugas besar yakni sensus sosial dan sensus pertanian yang menjadi perintah langsung Presiden RI, Joko Widodo, diperlukan kecermatan dan ketelitian dalam menjalankan tugas.

“Sangat dibutuhkan kecermatan dan ketelitian dalam pengambilan data dan dilakukan evaluasi setelah selesai pengambilan data. Perlu motivasi dan semangat bagi BPS untuk mengumpulkan data, karena ini tidak main-main, ini soal data,” jelas mantan Direktur Kemensos RI itu.