Berita

Satkopaska Koarmada III Bebaskan Kapal Dari Pembajak di Perairan Sorong

×

Satkopaska Koarmada III Bebaskan Kapal Dari Pembajak di Perairan Sorong

Sebarkan artikel ini
Satkopaska Koarmada III bekuk pembajak kapal yang berada digeladak maupun anjungan. (Foto: Istimewa)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sebuah kapal dengan identitas KM Maju Bersama di sekitar perairan Sorong, dibajak oleh kelompok pembajak. Selain menjarah barang berharga di kapal tersebut juga menyandera Anak Buah Kapal (ABK).

1512
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Mendapat laporan pembajakan dan untuk melaksanakan penanggulangan terhadap kejadian tersebut, Pangkoarmada III segera memerintahkan Dansatkopaska Koarmada III untuk mengatasi peristiwa pembajakan itu.

Dengan menggunakan Pesawat Helikopter Bell 412 TNI AL, Satkopaska Koarmada III sebagai salah satu pasukan elite TNI Angkatan Laut secara cepat dan senyap masuk dengan Teknik Fastrope dari arah buritan kapal, sehingga pembajak kapal yang berada digeladak maupun anjungan dapat dilumpuhkan.

Kejadian tersebut merupakan skenario latihan VBSS dalam Geladi Tugas Tempur / Glagaspur tingkat 3 (L-3) Koarmada III TA.2021 yang dipimpin langsung Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah,S.H.,CHMRP.,M.TR. (Opsla),Selasa 21 Desember 2021.

Dimana dalam skenario Latihan, disimulasikan KRI Weda-526 sebagai kapal yang sedang mengalami situasi pembajakan (KM Maju Bersama) di perairan Sorong.

Dalam rangkaian latihan tersebut, salah satu materi yg dilatihkan adalah latihan VBSS yang mencakup beberapa materi yaitu Fastrope, Ship Boarding, Ship Movement dan Latihan Sabotase Bawah Air.

Ditambahkan Komandan Satkopaska Koarmada III, Letkol Laut (P) M. Machri Mokoagow, M.Tr.Hanla bahwa dalam mendukung latihan L-3 kali ini, Satkopaska Koarmada III menerjunkan 1 Tim Fastrope, 1 Tim VBSS dan 3 Tim Sabotir yang didukung 1 Hellikopter Bell 412, 1 KAL dan 1 Searider.

Visit, Board, Search and Seizure atau yang disingkat VBSS adalah operasi untuk melakukan pemeriksaan langsung ke kapal yang diduga membawa barang terlarang ataupun membebaskan kapal yang sedang dibajak.

VBSS termasuk aksi yang beresiko tinggi, bukan saja pada saat proses naik ke kapal sasaran pada saat kecepatan tinggi, tapi bagaimana tingkat kewaspadaan personel saat berada di kapal sasaran.

Segala sesuatu bisa saja terjadi pada unit VBSS, dimana kemungkinan ada upaya perlawanan bersenjata dari awak kapal atau pembajak secara tiba-tiba.