Satgas Covid-19 Kota Ambon Gencar Lakukan Sosialisasi

Warga di Kota Ambon yang tidak mematuhi protokol kesehatan langsung menjalani rapid test. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) Transisi Tahap XIV dipastikan akan dilakukan. Untuk itu, Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19Kota Ambon gencar melakukan sosialisasi, khususnya pada lokasi-lokasi yang merupakan wilayah rawan kerumunan.

“Untuk persiapan PSBB Transisi tahap XIV tentunya kita menyasar pada wilayah-wilayah keramaian,” kata Koordinator Fasilitas Umum, Richard Luhukay kepada wartawan, di Balaikota Ambon, Kamis (21/1/2021).

Menurutny, langkah yang diambil tersebut bertujuan, untuk memberikan himbauan kepada setiap pemilik usaha atau para pengunjung yang hendak melakukan aktivitas diluar rumah, agar tetap menerapkan protokol kesehatan yakni penggunaan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak.

Dikatakan, dalam masa PSBB Transisi tahap XIV ini, satgas akan lebih perketat pengawasan di kawasan-kawasan keramaian, sehingga masyarakat yang keluar rumah juga dapat mengawas diri, agar tidak melanggar protokol kesehatan tersebut, juga menjaga agar tidak kembali timbul klaster baru.

“Kita bisa melakukan tindakan tegas, agar tidak ada lagi alasan atau adu argumentasi dari berapa orang yang sebenarnya enggan melakukan, dan menerima sanksi yang disampaikan oleh pemerintah,” ungkapnya.

Selain itu memberikan sosialisasi, lanjut Luhukay, Operasi Yustisi juga dilakukan, dengan tujuan untuk melihat ketaatan pemilik usaha dalam menjalankan sejumlah protokol dan aturan pemerintah.

“Tiga lokasi yang menjadi sasarannya dan tim adalah Ambon Plaza, Maluku City Mall, Ambon City Center, yang merupakan lokasi atau wilayah yang banyak dikunjungi dan merupakan spot keramaian,” tandas dia.