Sanggar Kurik Merauke Terima Bantuan Peralatan Pendukung Produk Ekonomi Kreatif

Penyerahan alat pendukung pembuatan produk ekonomi kreatif kepada Sanggar Kurik di Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua memberikan dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif tahun 2021 di Kabupaten Merauke. Dukungan yang diberikan berupa bantuan peralatan pendukung kepada Sanggar Kurik.

Sanggar Kurik ini menekuni seni krya atau berbagai macam kerajinan tangan. Kepada Kelompok Sanggar Kurik ini diberikan bantuan berupa alat ukir, pistol lem, bor listrik, sensor dan beberapa kelengkapan pendukung pembuatan kerajinan tangan.

“Ini dimaksudkan untuk mendukung peningkatan produk pelaku ekonomi kreatif dan mendorong pendapatan ekonomi bagi pelaku ekonomi kreatif di Merauke,” terang Kepala Seksi Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua, Golda Youwe di Carein Hotel Merauke, Jumat (12/11/2021).

Selain di Merauke, bantuan serupa juga diberikan di Kota Jayapura untuk satu kelompok, Kabupaten Mimika tiga kelompok, Kabupaten Jaya Wijaya ada dua kelompok. Setiap tahun diberikan secara bergilir berdasarkan pendataan yang diajukan oleh Dinas Pariwisata dari setiap Kabupaten/Kota.

Gokda menyebut ada 17 subsektor ekonomi kreatif yang menjadi fokus perhatian Dinas Pariwisata Provinsi Papua. Hanya saja untuk Kabupaten Merauke baru satu yang dibantu yakni seni krya. “Kami harap di tahaun mendatang ada lagi yang bisa kami berikan dukungan berdasarkan data yang sudah dibuat Dinas Pariwisata setempat,” ucapnya.

Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Merauke, Tedy Warayaan kesempatan yang sama menyampaikan apresiasi atas support yang dari Pemerintah Provinsi Papua bagi pelaku ekonomi kreatif di Merauke.

“Saya mewakili kepala dinas dan kelompok ekonomi kreatif menyampaikan terimakasih atas dukungannya kepada kami di Merauke,” ujar Tedy.

Perhatian seperti ini diharapkan tetap berlanjut pada kelompok pelaku ekonomi lainnya sehingga sama-sama maju dan berkembang dari waktu ke waktu dalam hal menghasilkan produk seni kreatif yang unggul dan bernilai jual.

Merauke kebanyakan masyarakat yang bergerak di subsektor krya, dan kuliner. Namun ada juga subsektor lainnya yang sudah mulai bermunculan sehingga sangat penting untuk tetap mendapat perhatian dari Dinas Pariwisata Provinsi Papua.