Sampah ‘Mengular’ Resahkan Warga dan Pengguna Jalan

Tumpukan sampah di terminal angkutan umum antar kota/kabupaten atau di belakang hotel Luxio kilo meter 12 kota Sorong. Foto Wim/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Sampah sepanjang 200 meter menumpuk dan memenuhi ruas jalan di lokasi terminal angkutan umum antar kota/kabupaten atau di belakang hotel Luxio kilo meter 12 kelurahan Klamana distrik Sorong Timur kota Sorong.

Lautan sampah ini tentu sangat meresahkan pengguna jalan terutama masyarakat yang tinggal di kawasan itu.

Pantauan media ini di lokasi, Rabu (6/9/2022), aneka ragam sampah rumah tangga masih terlihat menumpuk hingga sebagian jalan raya. Dari kejauhan, aroma tak sedap sudah menyengat.

Mesak K (47), warga di sekitar tempat pembuangan sementara sampah rumah tangga itu, mengatakan sampah tersebut sudah menumpuk cukup lama. Namun belum ada penanganan dari dinas terkait masalah sampah itu.

Bahkan sejumlah warga yang memanfaatkan tumpukan sampah tersebut untuk mengumpulkan makanan untuk ternak peliharaannya, sehingga tidak sedikit sampah berserakan sana-sini.

“Sampah itu sudah cukup lama tidak diangkat, biasanya ada truk sampah yang mengangkat sampah-sampah tersebut, beberapa waktu ini sampah itu begitu saja, sampai bisa banyak begitu,” ujar Mesak.

Tidak jauh dari tumpukan sampah belakang hotel Luxio, tumpukan sampah rumah tangga juga “mengular” di samping jalan menuju lokasi wisata Mangrove kota Sorong.

“Di sebrang sana juga itu (jalan masuk lokasi wisata mangrove) sampah menumpuk. Sudah beberapa hari ini tidak ada penanganan dari dinas terkait,” terangnya.