Sambut HUT Bhayangkara ke-76, Polres Sorong Kota Lakukan Bersih-bersih Pantai

Kerja bakti bersih pantai di kawasan halte Doom oleh anggota Polres Sorong Kota dan mitera. Foto : ist

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- –
Polres Sorong Kota menggelar kegiatan bakti sosial bersih-bersih lingkungan di kawasan pantai halte Doom kota Sorong. Aksi tersebut dilakukan dalam rangka menyambut hari Bhayangkara ke-76, pada 01 Juli 2022 mendatang.

Aksi bersih-bersih pantai itu dipimpin langsung Kapolres Sorong Kota, AKBP Johannes Kindangen S.IK M.Si, melalui Komandan Apel Ipda Deny Halim Syahputra S.Tr. K (Kasat Pol Airud Polres Sorong Kota).

“Terima kasih kepada bapak dan ibu serta peserta apel yang telah meluangkan waktunya dan menyempatkan menghadiri kegiatan bakti sosial bersih-bersih pantai dalam rangka hari Bhayangkara ke 76,” ujar Kapolres, Johanes Kindangen, Jumat (17/6/2022).

Dijelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan edukasi dan himbauan kepada masyarakat khususnya wilayah pesisir pantai untuk selalu menjaga kebersihan pantai dari sampah, apabila Wilayah perairan tercemar dapat mengakibatkan ikan yang kita makan mengandung bakteri dan dapat merusak kesehatan.

Sampah-sampah tersebut berasal dari daratan, yang sangat berbahaya adalah sampah plastik yang sulit di urai oleh mikroorganisme air, diperkirakan membutuhkan waktu yang cukup lama berkisar antara 10 sampai 500 tahun agar sampah dapat hancur di laut.

“Untuk wilayah laut dan pesisir pantai harus mendapat perhatian khusus dari semua pihak mengenai kebersihannya, salah satunya karena terletak di tengah Kota, jika pantainya bersih, pemandangan jadi indah dan ikan yang kita makan akan menjadi sumber protein baik bagi tubuh kita,” tutup Kapolres.

Kegiatan bersih pantai ini dihadiri oleh peserta apel dari Personil Kodim 1802/Sorong, Batalyon RK 762/VYS, Brimob Batalyon B Pelopor Sorong, Dit Polairud, Polres Sorong Kota, Polres Sorong Kabupaten, Kejaksaan Negeri Sorong, Pengadilan Negeri Sorong, Kantor Karantina Ikan, Pelindo, KSOP, Sat Pol PP Kota Sorong, BP2IP Politeknik Kelautan Sorong, serta Politekhnik Kelautan dan Perikanan.