Sambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H di Maluku Papua, Telkomsel Pastikan Kesiapan Jaringan dan Layanan

Posko Telkomsel Siaga di Ramayana Mall Kota Sorong (Pintu Masuk Mall). (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Umat muslim di Indonesia bersiap menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah yang diperkirakan jatuh di awal bulan Mei nanti.

Guna memastikan kenyamanan pelanggan khususnya di wilayah Regional Maluku & Papua yang mencakup Provinsi Papua, Papua Barat, dan Maluku untuk beraktivitas digital dan bersilaturahmi secara langsung maupun daring, Telkomsel memastikan kesiapan jaringan dan layanan.

General Manager Network Service Assurance Telkomsel Maluku & Papua Agus Sugiarto mengatakan melalui rangkaian kegiatan Telkomsel Siaga dengan semangat #SambungkanSenyuman, Telkomsel melakukan sejumlah aktivitas pengamanan operasional jaringan selama periode Ramadan Idul Fitri (RAFI) yang diperkirakan mencapai puncaknya pada H minus satu lebaran.

Agus menjelaskan, di wilayah Regional Maluku & Papua, trafik layanan broadband diprediksi mengalami pertumbuhan sebesar 8.45 % jika dibandingkan dengan hari normal di 2022. Sementara itu trafik layanan panggilan suara diperkirakan mengalami peningkatan sebesar 1.05% dan layanan SMS turun 1.66%.

“Jika dibandingkan dengan periode RAFI di tahun sebelumnya, layanan broadband diproyeksi tumbuh signifikan di angka 68.04% seiring dengan semakin meningkatnya gaya hidup digital masyarakat,” ujar Agus, Kamis (28/4/2022).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel telah melakukan upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan di 655 BTS dan mengoperasikan tambahan dua unit Compact Mobile BTS (COMBAT) yang difokuskan pada lokasi residensial dan tempat umum.

“Kami melakukan penambahan kapasitas di 3 site dan penambahan perangkat di 11 site yang telah didukung teknologi broadband 4G/LTE terdepan serta layanan Voice Over LTE (VOLTE) di seluruh kota dan kabupaten untuk kualitas suara yang lebih jernih dan stabil. Selain itu, kami senantiasa melakukan monitoring 24/7 terhadap performansi BTS dan kondisi jaringan dengan menempatkan Posko Telkomsel Siaga secara baik virtual maupun offline dengan tetap menjalankan protokol kesehatan bagi karyawan yang bertugas,” lanjut Agus.

Sementara itu, General Manager Consumer Sales Telkomsel Maluku & Papua Dedfriady Masta lebih lanjut menambahkan, periode RAFI tahun ini cukup berbeda dengan dua tahun sebelumnya, sejalan dengan kebijakan pemerintah yang memperbolehkan masyarakat untuk melakukan aktivitas mudik dan pelonggaran pembatasan kegiatan.

” Telkomsel menjamin ketersediaan produk dan layanan melalui sinergi dengan mitra Telkomsel Authorized Partner, outlet/reseller, dan sejumlah modern channel yang melakukan kerja sama, “ucapnya.

Telkomsel juga menghadirkan Posko Telkomsel Siaga dan menggandeng Outlet Siaga di 23 Point of Interest (POI) yang siap melayani kebutuhan komunikasi bagi pelanggan. Mulai dari pengisian pulsa, pembelian paket internet, paket digital, dan kartu perdana.

Sejumlah loyalty program pun ditawarkan khusus selama periode RAFI ini seperti undian berhadiah bagi pembelian paket Telkomsel, penukaran Telkomsel Poin dengan merchandise, program diskon paket Telkomsel Orbit, nomor cantik khusus Telkomsel Halo, serta parsel kuota internet Ramadan yang terdiri dari voucher fisik dan kartu perdana dengan harga promo.

Pelanggan juga dapat menikmati fun games yang dihadirkan untuk memberikan pengalaman digital yang disediakan di Posko Telkomsel Siaga.

” Bagi pelanggan yang ingin merasakan pengalaman menggunakan Telkomsel Orbit, solusi internet rumah serba digital dapat langsung datang kemari. Tak lupa, saya kembali mengajak pelanggan yang belum melakukan migrasi kartu uSIM 4G/LTE, untuk dapat segera mengganti kartunya untuk menikmati layanan broadband yang lebih berkualitas, “ucap Masyarakat.

Penggantian kartu dapat dilakukan di GraPARI, outlet/reseller Telkomsel, Posko Telkomsel Siaga, maupun secara online melalui layanan mitra e-commerce.

Di wilayah Provinsi Papua Barat, pelanggan dapat mendatangi Posko Telkomsel Siaga di Ramayana Mall Kota Sorong (Pintu Masuk Mall) dan Pasar Sentral Bintuni (Kantor TAP Metrocilon Papuana Gemilang).

“Semoga seluruh upaya yang kami lakukan dapat memberikan kenyamanan pelanggan dalam beraktivitas, terlebih bagi masyarakat yang sudah rindu untuk pulang ke kampung halamannya. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan dan senantiasa mempererat tali silaturahmi. Selamat mudik dan selamat berkumpul dengan keluarga tercinta,” pungkas Masta mengakhiri.