Sambut Hari Jadi AL, Lantamal XI Bersihkan Sampah Pantai

Suasana bersih-bersih Pantai Lampu Satu Merauke. Foto-ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Menyambut hari jadi ke-76 TNI Angkatan Laut yang jatuh pada tanggal 10 September 2021 mendatang, jajaran Lantamal XI Merauke menggelar aksi bersih-bersih pantai, Selasa (07/09).

Komandan Lantamal XI Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, M.Han dalam hal ini diwakili Wadan Lantamal XI Kolonel Laut (P) Hari Widjajanto M.M meninjau pelaksanaan kegiatan tersebut yakni di Pantai Lampu Satu Merauke.

Selain seluruh Prajurit Lantamal XI, turut serta para PNS di lingkup Lantamal XI dan juga masyarakat yang bermukim di Pantai Lampu Satu. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Asisten Potensi Maritim Danlantamal XI Kolonel Laut (P) Didik Kusyanto, M.Tr.Hanla ini berlangsung lancar dengan prokes yang cukup ketat.

“Aksi bersih-bersih dilakukan untuk menjaga kebersihan, keasrian dan lingkungan pantai yang sehat sehingga ekosistem pantai bisa tetap terjaga,” ujar Wadan Lantamal.

Dikatakan, menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan bau yang tidak sedap.

“Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang penyakit. Selain itu, kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan keasrian lingkungan,” jelasnya.

Dalam kegiatan tesebut seluruh prajurit dan PNS Lantamal XI terlihat kompak dan antusias bahu membahu bersama masyarakat, membersihkan sampah-sampah yang berserakan di sekitar pantai yang diangkut dengan alat berat dan truk milik Mako Lantamal XI.

“Antusias masyarakat cukup baik dalam membantu kegiatan tersebut. Ini terlihat dari kehadiran mereka selama kegiatan, mulai dari bapak, ibu, pemuda, bahkan anak-anakpun turut serta membantu prajurit Lantamal XI,” ungkapnya.