Sail Tidore 2022, Ajang Perkenalkan Kekayaan Indonesia ke Dunia Internasional

Pelepasan Satgas Surya Bhaskara Jaya-LXX dan Pembinaan Pembentukan Karakter Maritim (PPKM) dengan KRI Teluk Lada-523 dari Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Di Sail Tidore 2022, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) akan memperkenalkan kekayaan laut, khususnya Tidore ke masyarakat internasional.

Selain itu, juga sekaligus sebagai strategi dalam upaya percepatan ekonomi di Provinsi Maluku Utara, sehingga dapat memberikan dampak positif terutama dalam penegasan Maluku Utara sebagai kawasan rempah dunia, dan penguatan sarana promosi Maluku Utara sebagai kawasan maritim dunia.

Demikian disampaikan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI, Ahmadi Heri Purwono dalam keterangan tertulisnya, yang diterima Teropongnews.com, di Ternate, Jumat (18/11/2022).

Sebelumnya, Ahmadi Heri Purwono mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono saat melepas Satgas Surya Bhaskara Jaya-LXX dan Pembinaan Pembentukan Karakter Maritim (PPKM) dengan KRI Teluk Lada-523 dari Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) RI mulai 24-29 November 2022 itu, rencananya akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo, sekaligus membuka puncak acara Sail Tidore pada 26 November 2022 di Dermaga Tugulufa Kota Tidore dengan mengusung tema, “Tidore Kota Warisan Duta Perekat Bangsa-Bangsa”.

Wakasal mengatakan, untuk menyukseskan kegiatan Sail Tidore 2022 itu, TNI Angkatan Laut melaksanakan bakti sosial dan pelayanan kesehatan melalui Operasi Surya Bhaskara Jaya-LXX dengan menggunakan KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991.

“Surya Bhaskara Jaya adalah wujud kepedulian TNI AL dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat kepulauan. Program ini telah lama dijalankan oleh TNI AL dan telah menjadi inspirasi pelayanan kesehatan masyarakat kepulauan,” kata Laksdya Ahmadi Heri Purwono.

Kegiatan SBJ LXX yang akan dilaksanakan di beberapa lokasi seperti Desa Rawajaya dan Desa Mahia Kecamatan Tobelo Halmahera Utara dengan kegiatan karya bakti berupa renovasi Masjid, Gereja, dan Posyandu; Pendopo Kota Tidore dengan kegiatan penyuluhan-penyuluhan dan pembagian bahan kontak berupa sembako, serta Bakti kesehatan berupa pengobatan umum, pengobatan gigi, operasi katarak, operasi major, operasi bibir sumbing, donor darah, KB dan khitanan/bedah minor yang dilaksanakan di Pelabuhan Trikora Kota Tidore Kepulauan Maluku Utara.

Sedangkan kegiatan PPKM dengan KRI Teluk Palu-523 akan menempuh rute Jakarta-Makassar-Ternate-Tidore, yang diikuti lebih kurang 493 peserta, diantaranya Saka Bahari dari 34 kontingen daerah termasuk Putera Puteri Maritim Indonesia (PPMI).

Selama pelayaran mereka akan diberikan pembekalan-pembekalan, pengenalan TNI AL, kepramukaan, leadership dan kedisiplinan serta pesta seni dan budaya.

“Sementara kegiatan di darat akan dilaksanakan berupa jumpa tokoh, kepramukaan, kegiatan prestasi, wisata bahari, interaksi sosial dan bakti sosial serta kegiatan berkemah di lapangan open space dekat lokasi kegiatan puncak acara,” kata dia.

Sail Tidore 2022 melibatkan personel TNI sebanyak 1.308 meliputi, Tim SBJ sebanyak 212 orang, Tim Kesehatan 190 sebanyak orang, Tim PPKM sebanyak 182 orang, yang terdiri dari Pramuka sebanyak 132 orang, dan pendukung sebanyak 50 orang.