Berita

Rumah Sakit dan Puskesmas Akan Jalankan Vaksinasi Tahap Kedua

×

Rumah Sakit dan Puskesmas Akan Jalankan Vaksinasi Tahap Kedua

Sebarkan artikel ini
Vaksinasi Covid-19 tahap pertama yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Ternate, kepada tenaga kesehatan. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Ternate, Nurbaiti Radjabessy mengatakan, dalam vaksinasi tahap II di Kota Ternate nanti, akan dilakukan oleh pihak rumah sakit dan Puskesmas.

1359
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Sama halnya dengan tahap pertama, proses vaksinasi juga akan melewati 4 tahapan, yakni pendaftaran, screening, proses penyuntikan serta observasi dan menerima kartu vaksin.

“Screening dilakukan untuk mengetahui apakah para penerima vaksin aman menerima vaksin dilihat dari riwayat penyakit, barulah dapat diputuskan apakah proses penyuntikan dapat dilanjutkan atau tidak,” kata dia kepada wartawan, di Ternate, Rabu (20/1/2021).

Setelah itu, perlu observasi selama 30 menit untuk memastikan para relawan tidak menunjukkan efek samping dari vaksin tersebut.

Menurut Nurbaity, vaksinasi tahap pertama sudah dilakukan oleh Dinkes Kota Ternate. Dan untuk tahap kedua akan dikembalikan ke rumah sakit dan Puskesmas.

“Jadi di Ternate ini, ada sekitar 6 rumah sakit, dan Puskesmas itu ada berjumlah 11. Nah, untuk tenaga kesehatan siap untuk divaksin itu berjumlah 900 orang lebih,” jelasnya.

Namun demikian dia mengatakan, kendati sudah dilakukan vaksinasi, namun penerapan protokol kesehatan harus tetap dilakukan, dengan 3M yaitu Menggunakan masker, Mencuci tangan dengan sabun dan Menjaga jarak.