Ruangguru Hadirkan Sistem Tata Kelola Pembelajaran Gratis Jarak Jauh di Kota Sorong

Rungguru fasilitasi pembelajaran jarak jauh di Kota Sorong melalui lokakarya (workshop) teknologi sistem tata kelola pembelajaran yang diikuti oleh para guru secara daring di wilayah pendidikan Kota Sorong, Papua Barat (23/03/2021).

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Kota Sorong, Papua Barat, Ruangguru menyelenggarakan lokakarya (workshop) secara daring dengan memperkenalkan sistem tata kelola pembelajaran jarak jauh atau Learning Management System (LMS) bernama ruangkelas. Acara ini diikuti oleh ratusan guru jenjang SD hingga SMP dan sederajat di wilayah pendidikan Kota Sorong.

Selama workshop, tim Ruangguru memberikan pelatihan mengenai ruangkelas yang dapat diterapkan secara gratis di sekolah-sekolah. Para guru juga belajar tata cara integrasi data dan pembuatan akun ruangkelas. Teknologi pembelajaran ini dapat digunakan oleh guru dan siswa baik untuk PJJ selama pandemi maupun ketika sekolah tatap muka nantinya.

“Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Sorong, Pemerintah Kota Sorong senantiasa menempatkan aspek pendidikan sebagai salah satu prioritas yang terus digencarkan. Guna mendukung implementasi pendidikan yang berkualitas, kami berkolaborasi dengan Ruangguru yang mampu menghadirkan solusi dan alternatif teknologi pembelajaran bagi para guru dan siswa di Kota Sorong. Dukungan Ruangguru dengan inovasi sistem tata kelola pembelajaran jarak jauh ini tentunya relevan dengan kondisi pendidikan saat ini di mana inovasi yang dihadirkan dapat memudahkan para guru dan siswa untuk menjalankan kegiatan belajar,” ujar Jacob Haurissa, S.E., M.M.Pd., Kepala Bidang SMP, Dinas Pendidikan Kota Sorong.

“Ruangkelas merupakan sarana kelas virtual yang memiliki ragam fungsi yang mudah digunakan oleh guru maupun siswa dalam proses belajar mengajar, terutama dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Melalui fitur ruangkelas, guru dapat mengajar kapan pun dan dimana pun, memberikan tugas, menilai pekerjaan siswa, berdiskusi dengan siswa melalui fitur group chat, dan dapat mengajar secara live teleconference. Jadi, layanan ini dapat dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah tidak hanya ketika pelaksanaan PJJ selama pandemi saja, tetapi juga memudahkan kegiatan belajar mengajar di kemudian hari,” tandas Amri Ilmma, Kepala Kebijakan Publik Ruangguru yang diwakili oleh Fatih Alfali, Government Relations & Project Sustainability Lead Ruangguru.

Pasca lokakarya, Ruangguru akan terus mendampingi para guru melalui sebuah komunitas atau grup diskusi. Para guru juga dapat mengikuti pelatihan sertifikasi pengajar ruangkelas yang menawarkan program pelatihan bersertifikasi. Melalui program ini, para guru dapat mengetahui cara menciptakan pembelajaran aktif selama PJJ, memotivasi siswa, membuat dan memaksimalkan bahan ajar, dan menyusun tugas yang berfokus pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Untuk mendukung transformasi digital di bidang pendidikan dan memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan PJJ, Ruangguru mengembangkan sebuah platform LMS bernama ruangkelas yang dapat digunakan secara gratis oleh seluruh guru di Indonesia. ruangkelas telah digunakan oleh lebih dari 13 ribu sekolah yang tersebar di 440 kabupaten/kota.

Tentang ruangkelas

ruangkelas merupakan sebuah sistem tata kelola pembelajaran jarak jauh atau LMS (Learning Management System) yang dapat digunakan oleh guru dan siswa secara gratis. Platform ini untuk mendukung kegiatan belajar mengajar guru dan siswa secara daring.

ruangkelas memiliki fungsi yang lengkap dan tampilan tatap muka yang mudah digunakan oleh guru maupun siswa. Melalui ruangkelas, guru dapat mengajar secara live teleconference, menyampaikan materi, memberikan tugas kepada siswa, menganalisis nilai siswa, dan berdiskusi dengan siswa pada group chat.

Tentang Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara yang berfokus pada layanan pendidikan. Saat ini, Ruangguru telah memiliki lebih dari 22 juta pengguna terdaftar dan memberikan akses kepada lebih dari 300.000 guru privat.

Ruangguru menyediakan layanan bimbingan belajar online dan marketplace guru melalui aplikasi Ruangguru, pelatihan soft skills untuk umum dan profesional secara online melalui platform Skill Academy, pusat pembelajaran blended learning secara online-offline di 18 cabang Brain Academy di 10 kota seluruh Indonesia, serta platform pelatihan bagi korporasi di aplikasi ruangkerja. Ruangguru juga telah melakukan ekspansi layanan dan produk ke pasar Vietnam dan Thailand.