RSUD Chasan Boesoerie Ternate Kembali Jemput Pasien Positif Covid-19

Ternate, TN – Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoerie Ternate kembali menjemput salah satu pasien yang positif terpapar virus Corona (Covid-19).

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tersebut sebelumnya telah dipulangkan oleh pihak rumah sakit, lantaran kondisinya sudah membaik, dan sudah diturunkan statusnya menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP). Namun, Dinas Kesehatan Maluku Utara menerima hasil tes spesimen dari Balitbangkes Kementerian Kesehatan RI, ternyata hasilnya pasien tersebut positif terpapar virus Corona.

“Awalnya, pasien ini dipulangkan ke rumah, karena kondisinya sangat baik. Bukan saja itu, pasien tersebut juga sudah diperiksa petugas sebanyak dua kali, kondisi yang bersangkutan memang sudah membaik, sehingga pihak rumah sakit berani untuk memulangkan sang pasien,” kata Sekertaris Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara (Malut), dr. Rosita Alkatiri kepada wartawan, saat menggelar konferensi pers, Selasa (24/3).

Menurutnya, penanganan kasus pasien yang positif terpapar virus Corona yang dilakukan pihak rumah sakit sudah sesuai dengan prosedur tetap (protap) dan SOP. Rosita mengaku, jika pasien dikategorikan masuk PDP namun tidak menimbulkan gejala berat akan diisolasikan di rumah, dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

“Sekarang pasien tersebut sudah kami isolasi di RSUD Ternate sambil menunggu pemeriksaan kembali. Sesuai SOP 1 hari itu ada sekitar 4 kali pemeriksaan. Setelah terkonfirmasi positif kami langsung melakukan pelacakan terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien tersebut. Dua anggota keluarganya yakni satu anak dan istrinya juga diisolasi dan masuk PDP,” jelas Rosita.