Sekretaris Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Provinsi Maluku, Rofik Afifudin. Foto-Ist/TN

 2,519 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sekretaris Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Provinsi Maluku, Rofik Afifudin mengaku, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang penyertaan modal untuk perseroan PT. Maluku Energi Abadi sangat penting, dan harus segera diselesaikan dan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

“Perda ini sangat penting untuk kepentingan masyarakat Maluku. Kita sudah rampungkan pendapat teman-teman pansus, yang nanti akan dijadikan sebagai pendapat pansus, dan akan dikirim kemudian ke tim penyusun,” kata Rofik kepada wartawan, di Ambon, Jumat (3/7).

Menurut dia, pihaknya menargetkan, dalam bulan Juli ini proses pembahasan hingga pengesahan ranperda tentang penyertaan modal PT. Maluku Energi Abadi menjadi perda sudah bisa dilakukan.

“Jadi tentunya, pansus akan bekerja sesuai dengan mekanisme. Kita sudah melewati banyak tahapan, jadi mungkin bulan ini sudah bisa diselesaikan,” kata Rofik.

Selain itu, kata dia, untuk pengesahan ranperda ini, tentunya akan ada pandangan fraksi-fraksi soal ranperda ini, baik dari materinya sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 12 tahun 2010 tentang tata cara penyusunan produk peraturan perundang-undangan.

“Dari situ kita juga melihat beberapa bab dan pasal. Kita memiliki perda pembanding, untuk membandingkan apakah perda–perda ini perlu tidak pasal-pasalnya masuk, yang nantinya akan kita bicarakan dengan tim perumus. “ ujar Rofik.

Menurutnya, jika ranperda ini sudah dianggap selesai, maka tidak perlu lagi ada perubahan. Namun ketika mungkin ada tambahan angka, maka akan dibicarakan kemudian.

“Misalnya angkanya Rp 25 miliar, kalau angka Rp 24 miliar masih kurang untuk ditambah, ya kita bicarakan. Meskipun demikian para anggota pansus menginginkan, jika modal yang diusulkan sudah cukup ya cukup, tetapi kalau itu butuh pikiran bersama. Jadi mungkin senin kita akan kaji lebih mendalam,“ tandas Rofik.

Berita lain untuk anda

Peduli Kesehatan Warga, Satgas TMMD 115 Kodim 1509/Labuha Berikan Pengobatan Gratis

 1,762 kali dilihat 1,762 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, HALSEL – Bertempat rumah warga Ibu Yakni Wr, Ds.…

Pemprov Sulsel Diminta Turun Tangan Urusi Masalah Sampah

 2,686 kali dilihat 2,686 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan…

Pendistribusian Mitan di Sorsel akan Menggunakan KTP

 4,588 kali dilihat 4,588 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TEMINABUAN – Pendistribusian minyak tanah (mitan) di Teminabuan Kabupaten…

Yohanis Manibuy Bukan Lagi Kader dan Ketua DPD II Golkar Bintuni

 2,550 kali dilihat 2,550 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TELUK BINTUNI – Sejak di tetapkan sebagai Calon Wakil…

DPRD Merauke Desak Pemkab Siapkan Anggaran Pengadaan Alat KIR Dishub

 2,514 kali dilihat 2,514 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE- Pelaksanaan uji KIR di Kabupaten Merauke tidak boleh…

DisHut Papua Barat Gandeng CI Indonesia Gelar RPHJP untuk KPH

 2,582 kali dilihat 2,582 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Kegiatan pelatihan penyusunan Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang…

Gelar Pameran Hasil Karya Siswa, SMP Negeri 1 Ambon Diapresiasi Pemkot

 1,439 kali dilihat 1,439 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse mengatakan,…

Gubernur Kaltara: Anemia Merupakan Salah Satu Masalah Kesehatan Masyarakat

 1,972 kali dilihat 1,972 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), H. Zainal…

Polres Merauke Ungkap 15 Kasus Pencurian

 2,572 kali dilihat 2,572 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum…

DPS Teluk Bintuni Ditetapkan Sebanyak 42.144 Orang Tanpa Kehadiran Tim Bapaslon AYO

 2,554 kali dilihat 2,554 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TELUK BINTUNI – KPUD Kabupaten Teluk Bintuni telah menetapkan…