Revitalisasi Benteng Victoria dan Relokasi Markas Kodam Direstui Kemenhan

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI, Letjen TNI Muhammad Herindra, saat melakukan audiensi bersama Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Sabtu (20/2/2021), di Gedung Kementerian Pertahanan Jakarta. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Rencana revitalisasi Benteng Victoria serta Relokasi Markas Kodam XVI/Pattimura oleh Pemerintah Kota Ambon, mendapat restu dari Kementerian Pertahanan RI.

Menurut Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI, Letjen TNI Muhammad Herindra, pada prisipnya Kementerian Pertahanan RI menyetujui dan merestui rencana Revitalisasi Benteng Victoria, dan Relokasi Markas Kodam XVI Pattimura.

“Kita sudah mendapat informasi, tentang relokasi markas Kodam XVI Pattimura yang baru di Desa Tawiri, tujuan revitalisasi Benteng Victoria juga jelas peruntukkannya. Jadi kami setuju dan dukung rencana tersebut,” kata Wamenhan saat melakukan audiensi bersama Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Sabtu (20/2/2021), di Gedung Kementerian Pertahanan Jakarta.

Dikatakan Wamenhan, rencana untuk merevitalisasi Benteng Victoria yang sudah ditetapkan lewat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai Cagar Budaya Nasional, guna menarik perhatian wisatawan adalah langkah sangat tepat karena dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Revitalisasi ini akan membawa dampak yang positif bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Ini langkah yang tepat dan sangat baik,” ujar Wamen.

Ditempat yang sama, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy dalam paparannya mengatakan, permohonan audiensi bersama Kementerian Pertahanan, merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang sudah dilakukan sebelumnya bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan beberapa Kementerian terkait lainnya.

“Dari hasil audiensi bersama Kementerian PUPR, kita diminta untuk meminta restu dari Kementerian Pertahanan, agar selanjutnya rencana revitalisasi dan relokasi tersebut dapat di follow up oleh Kementerian PUPR,” pungkas Wali Kota.

Dijelaskan Wali Kota, setelah memperoleh persetujuan dan restu dari Kemenhan, pihak Pemerintah Kota Ambon dalam waktu dekat akan menyerahkan laporan resmi ke Kantor Staf Kepresidenan, untuk kemudian ditindaklanjuti melalui rapat koordinasi Kementerian dan Lembaga.

“Sebelumnya, kita sudah melakukan pertemuan dengan Pak Moeldoko, dan beliau sudah menugaskan deputi 1 untuk menangani kelanjutan prosesnya,” imbuh Wali Kota.

Untuk revitalisasi itu sendiri, lanjut Wali Kota, akan mengacu pada desain mula-mula Benteng Victoria yang saat ini ada di salah satu museum di Belanda.

“Revitalisasi akan mengikuti desain awal Benteng Victoria. Semacam replikasi dengan mengikuti sketsa yang ada, sehingga nilai sejarah Benteng tersebut tetap terjaga,” akuinya.

Atas persetujuan dan restu dari Kementerian Pertahanan RI, Wali Kota Ambon yang dalam audiensi tersebut didampingi oleh Kepala Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kota Ambon, Enrico Matitaputty, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, R.Hayat serta Kepala Bagian Komunikasi Pimpinan dan Protokol, A. Mintik menyampaikan terima kasih, serta memberikan apresiasi aras atensi yang diberikan.