Berita

Resmi Dilantik, AEKI Siap Memajukan Perkopian Di Papua Barat

×

Resmi Dilantik, AEKI Siap Memajukan Perkopian Di Papua Barat

Sebarkan artikel ini
Foto bersama pengurus BPD AEKI Papua Barat dengan tamu undangan. (Foto: Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Badan Pengurus Daerah (BPD) Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Papua Barat resmi dilantik. Pelantikan itu digelar di Belagri Hotel Sorong, Jumat (17/12/2021).

1515
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Ketua BPD AEKI Papua Barat, Ambran Akis Hadi, S. T mengatakan bahwa untuk menjadi asosiasi yang dapat menaungi usaha-usaha perkopian dan mengembangkan potensi perekonomian di Papua Barat, Ambran mengharapkan masukan, dukungan moril, serta pembinaan untuk membesarkan asosiasi tersebut.

“Kepada bapak ketua umum AEKI, Irfan Anwar, kami berharap agar kami tetap dipantau, dibina dan diarahkan untuk dapat membesarkan asosiasi yang kita cintai ini, ” ujar Ambran dalam sambutannya.

Pelaku usaha kopi di Sorong, Provinsi Papua Barat. (Foto:Mega/TN)

Karena masih lembaga baru, AEKI Papua Barat akan sinkronisasikan programnya dengan program yang ada di pusat. Terkait progam lokal, AEKI Papua Barat akan menjaring masukan-masukan dari pengusaha kopi atau Coffee shop.

“Terkait program lokal kami akan adakan setelah pelantikan ini. Kami akan duduk sharing dengan adik-adik, apa yang kira-kira menjadi kreativitas tentang perkopian ini, sehingga perkopian ini lebih bagus ke depannya. Intinya kita minta petunjuk, saran dan masukan dari DPP untuk kebesaran AEKI Papua Barat,”tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum AEKI, Irfan Anwar menjelaskan bahwa terbentuknya asosiasi perkopian di Papua Barat adalah suatu semangat dan dedikasi yang luar biasa untuk kemajuan ekonomi, dan kesejahteraan petani kopi di Papua Barat.

“Hari ini adalah pelantikan pengurus BPD, kurang lebih ada 50 pengurus. Nantinya akan berkomunikasi aktif dengan petani kopi di Papua Barat. Kemudian para Coffee Shop nanti akan dibuat Coffee Education Center, dan juga lembaga riset kopi agar perkopian di Papua Barat bisa sejahtera,”ucapnya.

Irfan juga melihat, Coffee shop dan barista sangat berkembang dan di Papua Barat. Oleh karena itu, Irfan berharap AEKI mampu mewujudkan perkopian yang sejahtera, tangguh dan mampu memberiku kontribusi terhadap pembangunan perekonomian nasional.

Sementara itu Dewan Pembina BPD AEKI Papua Barat, Wempi Nauw berpesan kepada BPD AEKI yang baru dilantik agar bermitra bersama para pelaku coffee shop yang ada Papua Barat demi memajukan pelaku sektor kopi.

Apalagi, kata Wempi, kopi telah menjadi salah satu produk dan juga komoditas yang paling dicari di seluruh dunia, karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi ketika saling diperdagangkan ke negara lain.

“Mari bekerja sama untuk memajukan pelaku bisnis eksportir khususnya di sektor kopi, “ajak Wempi.