Berita

Rencana Pembentukan Polres Pulau Taliabu Sementara Dikaji

×

Rencana Pembentukan Polres Pulau Taliabu Sementara Dikaji

Sebarkan artikel ini
Kabid Humas Polda Maluku Utara, AKBP Adip Rojikan. Foto-Ist/TN

Ternate, TN – Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara masih melakukan proses pengkajian, terhadap rencana pembentukan Polres di Kabupaten Pulau Taliabu.

1514
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Pasalnya, di Taliabu belum memiliki polres, sehingga masyarakat harus ke Polres Kepulauan Sula, jika ingin dilayani. Padahal, lokasi Polres Kepulauan Sula jaraknya sangat jauh, dari Kabupaten Pulau Taliabu.

“Itu yang sementara kita pikirkan. Agar masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan, kita sementara melakukan proses pengkajian terhadap rencana pembentukan Polres Taliabu itu,” ungkap Kabid Humas Polda Malut, AKBP Adip Rojikan kepada wartawan, di ruang kerjanya, Senin (11/5).

Menurut dia, ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi, jika ingin membentuk sebuah Polres, dan itu yang perlu untuk dikaji.

Dikatakan, jika seluruh persyaratan lewat pengkajian yang dilakukan pihaknya sudah terpenuhi, maka kajian itu akan diajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Ya, karena yang dibentuk bukan hanya Polres Pulau Taliabu saja, tetapi juga jajaran polseknya, yang tentu harus ditambah sesuai dengan jumlah kecamatan. Dan itu membutuhkan waktu yang lama,” tandas Adip.