Berita

Remaja Papua di Kota Sorong Antusias Ikuti Posyandu, Ini Manfaatnya

×

Remaja Papua di Kota Sorong Antusias Ikuti Posyandu, Ini Manfaatnya

Sebarkan artikel ini
Remaja putri saat mengikuti pemeriksaan kesehatan di Posyandu Remaja Bandara DEO Sorong. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Jemaat Maranatha Remu Persekutuan Anak dan Remaja (PAR) melaksanakan kegiatan Posyandu Remaja di komplek perumahan PENSIP lama, Jl. Selat Sunda No.14 Remu Selatan, kota Sorong, Minggu (12/6/2022).

1459
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Posyandu Remaja ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan remaja dan meningkatkan derajat kesehatan, serta ketrampilan hidup sehat para remaja.

Kepala seksi kesehatan keluarga dan gizi, Demianuss F. Wonatorei mengatakan bahwa posyandu remaja sejalan dengan program penurunan stunting di seluruh Indonesia.

“Ini adalah salah satu kegiatan di usia produktif yakni mulai dari usai 10-59 tahun. Diharapkan, semua kabupaten/kota yang ada di Papua Barat itu untuk membuka kegiatan Posyandu remaja, karena Posyandu remaja ini sejalan dengan program penurunan stunting di seluruh Indonesia,”jelas Demianus.

Demianus menjelaskan, berdasarkan Perpres nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting, penanganannya harus dimulai mulai dari anak remaja lewat kegiatan Posyandu Remaja ini, guna memantau kesehatan remaja terutama remaja putri.

“Terutama masalah anemia pada remaja, kemudian masalah kesehatan yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi pada remaja putri,”jelasnya.

Saat ini, kata Demianus kota Sorong telah memiliki 5 Posyandu Remaja, yakni di PAR GKI Getsemani Kampung Nanas (Kamnas), Jemaat Bethel Malaisilen, Jemaat Efata Malanu, SMA 3 kota Sorong, dan jemaat GKI Maranatha,

‘Untuk Papua Barat, Posyandu Remaja baru ada di Kota Sorong dan sudah ada dari tahun 2021.

Pada kesempatan yang sama, Sanny Sohilait, bagian promosi kesehatam Puskesmas Remu mengatakan bahwa kader Posyandu Remaja sudah terlatih dalam hal melakukan pengecekan kesehatan.

“Kita dari petugas kesehatan hanya turun membantu dan memantau mereka, karena kebetulan mereka sudah terlatih jadi kita pantau saja sekaligus memberikan pengetahuan tambahan mengenai kesehatan reproduksi kepada remaja,”ujarnya.

Adapun kegiatan Posyandu remaja dimulai dari pemeriksaan kesehatan, yang meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, mengukur tekanan darah, lingkar lengan atas dan lingkar perut, serta pengecekan anemia pada remaja putri.