Ratusan Rumah Terendam Banjir Pada Empat Dusun di Lutra

Bencana banjir yang terjadi di Desa Lembang-lembang, Kecamatan Baebunta Selatan, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), sejak tanggal 16 Mei 2021. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, mengerahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel untuk menyalurkan bantuan ke Kabupaten Luwu Utara (Lutra).

Diketahui, bencana banjir terjadi di Desa Lembang-lembang, Kecamatan Baebunta Selatan, sejak tanggal 16 Mei 2021.

Ada empat dusun yang terdampak, yakni Kaluku Bulawan, Dadeko, Bala Kajang, dan Suka Makmur. Data dari BPBD Lutra, banjir tersebut menggenangi 322 rumah warga atau 322 KK yang terdiri dari 1.064 jiwa.

Ketinggian air sekitar 40 cm sampai 100 cm. Tak hanya rumah, lahan perkebunan, sawah, rumah ibadah, kantor desa, dan bangunan sekolah juga turut tergenang air.

Banjir terjadi akibat tingginya curah hujan dalam dua hari terakhir ini. Itu disebabkan debit air Sungai Rongkong meningkat, serta terjadinya pendangkalan sungai pasca banjir bandang.

BPBD Sulsel sendiri telah menyalurkan bantuan berupa beras, beserta paket sembako siaga darurat yang berisi bahan makanan beserta sarung, selimut dan popok bayi.

Untuk membantu penanganan banjir di daerah tersebut, PLT Gubernur terus berkoordinasi dengan BPBD Provinsi dan BPBD Kabupaten Lutra.

“Alhamdulillah, Tim BPBD Provinsi hari ini menyalurkan bantuan untuk saudara kita terdampak banjir di Desa Lembang-lembang, Kecamatan Baebunta Selatan,” ungkapnya kepada wartawan, di Ambon, Kamis (20/5/2021).

Ia berharap, agar banjir dapat segera surut. Serta mengimbau masyarakat untuk waspada cuaca saat ini yang memasuki musim penghujan di beberapa wilayah.