Berita

Ratusan Peserta Ramaikan Pawai Budaya KMAN

×

Ratusan Peserta Ramaikan Pawai Budaya KMAN

Sebarkan artikel ini
Bupati Jayapura saat melepas pawai budaya dalam rangka KMAN di Sentani, Senin (24/10).

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Ratusan peserta meramaikan giat pawai budaya sebagai rangkaian dari acara pembukaan kongres masyarakat adat nusantara (KMAN) ke-6 yang berlangsung di Kabupaten Jayapura, Senin (24/10).

1514
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Rombongan pawai budaya dilepas Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw dengan menabuh tifa di Lapangan Makam Theys Hiyo Eluay, dan selanjutnya menuju tempat acara pembukaan KMAN di Stadion Barnabas Youwe.

Kegiatan pawai budaya juga bertepatan dengan perayaan HUT ke-9 kebangkitan masyarakat adat di Kabupaten Jayapura dan pergelaran festival danau Sentani ke-16.

Bupati yang juga selaku ketua panitia KMAN, dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang akan melaksanakan KMAN di Kabupaten Jayapura Papua.

Kepada seluruh komponen masyarakat adat di KMAN, ia mengajak untuk selalu menjaga kualitas masyarakat adat serta menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

“Dengan keanekaragaman dan kekayaan yang ada, mari kita bangun komitmen kualitas masyarakat adat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,”tuturnya.

Sementara itu, meskipun sempat diguyur hujan, namun seluruh peserta pawai budaya dari berbagai elemen masyarakat adat di seluruh Indonesia tetap antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Salah satu peserta pawai budaya dari Provinsi Jawa Barat, Wira mengaku sangat bangga dan senang dapat mengikuti pawai budaya dalam rangka KMAN.

“Lewat pawai budaya ini, corak Nusantara sangat kental terlihat. Ini membuktikan bahwa kebhinekaan Indonesia secara utuh hanya ada di Papua. Semua dengan warna budayanya, saya merinding melihat hal ini. Papua itu unik,”akunya ketika ditemui di sela-sela kegiatan.