Ratusan Peserta OAP Ikuti Lomba Dayung Tradisional

Ketika pedayung berlomba kecepatan mencapai finish.Foto-Getty/TN

TEROPONBNEWS.COM, MERAUKE – Ratusan peserta dari kalangan masyarakat lokal orang asli Papua (OAP) ikut dalam lomba dayung tradisional 50 meter, Rabu (1/2/2023) di Gudang Arang Merauke, Papua Selatan.

Masing-masing dari kategori bapak serta ibu-ibu dengan pembagian untuk laki-laki mengikuti kelas dayung berdiri dan ibu-ibu di kelas dayung duduk.

Lomba dayung dalam rangka HUT ke 121 Merauke ini berlangsung sehari dengan penilaian pemenang adalah dua yang mendahului. Bagi pemenang diberikan uang pembinaan.

“Kita lihat masyarakat antusias untuk ikut lomba dalam rangka HUT Merauke,” ujar Kabid Olahraga Dispora Merauke, Markus Mayoni, di lokasi kegiatan.

Kali ini dipandu langsung Ketua Panitia HUT Merauke 2023 yaitu Kadis Kominfo Merauke, Thomas Kimko didampingi Penanggungjawab Seksi Lomba, Kadispora, Mike Walinaulik.

Panitia HUT sengaja mengadakan lomba dayung ini untuk mengangkat budaya tradisional masyarakat asli Papua di wilayah Selatan Papua. Biasanya diadakan jelang HUT Merauke dan HUT RI setiap tahun, namun selalu disesuaikan dengan kemampuan anggaran.