Ratusan Peserta Ikuti Jambore PIK-R Tahun 2022

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, saat membuka kegiatan Jambore Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) tahun 2022, yang berlangsung di Tribun Lapangan Merdeka, Rabu (2/11/2022). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sebanyak 150 peserta mengikuti kegiatan Jambore Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) tahun 2022, yang diselenggarakan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ambon.

Kegiatan tersebut berlangsung di Tribun Lapangan Merdeka, Rabu (2/11/2022), dan dibuka secara resmi oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena.

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bukan sekedar seremonial saja, namun ini merupakan wujud nyata perhatian pemerintah terhadap pembentukan sikap para remaja.

“PIK-Remaja ini merupakam salah satu bentuk upaya kita untuk membentuk generasi muda, dalam hal ini para remaja di Kota Ambon untuk menjadi generasi yang berkualitas,” katanya.

Baginya, tanggung jawab pembentukan mental dan karakter generasi muda yang berkualitas harus dipikul secara bersama oleh semua pihak terlebih lagi oleh orang tua, yang notabene sebagai role model, dalam proses pembentukan sikap serta pencarian jati diri para remaja ini.

“Tanggung jawab pembentukan kualitas remaja ada di kita, bagaimana mungkin kita mengharapkan anak ini menjadi anak yang taat, patuh, baik dalam segala hal, sedangkan kita sendiri menunjukkan contoh yang tidak baik kepada mereka. Sehingga melalui kegiatan ini, kita saling mengingatkan, dan saling mengevaluasi. Karena kecenderungan anak-anak ini akan mencontohkan, dan mengikuti apa yang dilihat,” ujar dia.

Untuk itu dia berharap, dengan terselenggaranya kegiatan ini, maka orang tua dapat memiliki kesadaran diri, terkait dengan pembentukan karakter generasi muda yang tangguh dan kuat, serta memberi perbekalan bagi remaja dalam mengahadapi perkembagan teknologi, dan mampu menjaga diri.

“Hal ini mesti menjadi komitmen kita bersama, untuk menciptakan remaja Kota Ambon yang tangguh, kuat, dan sehat, serta anak-anak sekalian berkewajiban menjaga diri, harus tetap mengikuti apa yang diungkapkan orang tua,” pungkas Wattimena.

Sementara itu, Bunda Generasi Berencana (GenRe) Kota Ambon, Lisa Wattimena memberi apresiasi yang tinggi kepada DPPKB, yang telah melaksanakan kegiatan dimaksud.

Dengan berjalannya kegiatan ini, dia berharap, akan mampu membantu para remaja guna membina dalam menghadapi berbagai macam tuntutan, dan tantangan dalam hidup. “Remaja diharapkan memiliki rencana hidup kedepan yang baik dan terarah,” tandasnya.