Berita

Ratusan Desa di Maluku Belum Teraliri Listrik, Ini Kata Komisi II

×

Ratusan Desa di Maluku Belum Teraliri Listrik, Ini Kata Komisi II

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Ruslan Hurasan. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Hingga saat ini, sebanyak 288 desa di Maluku belum teraliri listrik dari PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU). Tidak tahu apa yang menjadi alasannya.

Sayangnya, sebagian desa itu berada di wilayah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal), seperti di Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Kabupaten Kepulauan Aru, dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Untuk itu, Dinas ESDM Provinsi Maluku rencananya akan meluncurkan program Listrik Desa (Lisdes), berkolaborasi dengan PLN wilayah Maluku dan Maluku Utara, serta pemerintah daerah di 11 kabupaten/kota.

4914
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Saya sangat menyambut positif rencana itu. Olehnya itu, saya berharap Pemprov Maluku maupun pemerintah kabupaten/kota dapat merespon rencana ini secara baik,” ujar Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Russlan Hurasan kepada wartawan, di Ambon, Selasa (11/10/2022).

Menurutnya, kebutuhan akan elektrifikasi menjadi hal urgent bagi seluruh masyarakat. Untuk itu, koordinasi dan kolaborasi antar Pemerintah Provinsi Maluku dan kabupaten/kota harus dilakukan, guna mendukung kelancaran program lisdes tersebut.

“Bagi saya, program ini akan memberikan pemerataan pembangunan elektrifikasi di desa-desa pelosok, serta mendukung program Kementerian ESDM, yakni 100 persen elektrifikasi di wilayah Timur Indonesia,” tandas Hurasan.