Rapat kerja antara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku dengan Tim Pengawasan Penanganan Covid-19 DPRD Provinsi Maluku, di ruang rapat paripurna gedung DPRD Provinsi Maluku, Senin (11/1/2021). Foto-Sherin Amelia/TN

 764 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Kasrul Selang mengatakan, rapid test antigen tidak diberlakukan, untuk masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke kabupaten/kota di Maluku.

Pasalnya, rapid test antigen hanya berlaku untuk warga yang ingin melakukan perjalanan keluar daerah, lantaran seluruh provinsi di Indonesia sudah memberlakukan rapid test antigen sebagai satu syarat untuk melakukan perjalanan.

“Jadi kalau sekarang kita melakukan perjalanan harus dilengkapi hasil rapid test antigen. Awalnya, rapid test antigen hanya berlaku untuk wilayah Jawa dan Bali, tetapi sekarang sudah semua provinsi,” kata Sekda saat rapat kerja dengan Tim Pengawasan Penanganan Covid-19 DPRD Provinsi Maluku, di ruang rapat paripurna gedung DPRD Provinsi Maluku, Senin (11/1/2021).

Menurutnya, rapid test antigen tidak diberlakukan untuk perjalanan antar kabupaten/kota, karena jadwal perjalanan tidak terjadwal dengan baik.

“Katakanlah ada kapal perintis yang dijadwalkan masuk pukul 01.00 WIT malam, tetapi faktanya ada yang masuknya pukul 06.00 WIT pagi, bahkan sampai pukul 10.00 WIT pagi,” ujar Sekda.

Selain itu, lanjut Sekda, belum semua kabupaten/kota di Maluku mempunyai perangkat untuk dilakukan rapid test antigen, sehingga pihaknya memutuskan, masyarakat yang akan melakukan perjalanan lewat Bandara Internasional Pattimura, harus mengantongi hasil rapid test antigen.

“Yang lewat pelabuhan tidak perlu ada hasil rapid test antigen. Jadi prinsipnya, yang melakukan perjalanan adalah mereka yang sehat, dan ditunjukan dengan dokumen-dokumennya,” tandas dia.

Dia mengaku, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Ambon saat ini sudah dilengkapi dengan PCR mobile. Selain itu, menurut Sekda, stok untuk melakukan rapid test antigen juga sudah banyak, yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat dan dari sejumlah lembaga.

Berita lain untuk anda

Gerak Satgas Corona Kota Sorong Dinilai Lamban, Komisi I Keluarkan 8 Rekomendasi

 795 total views (dibaca)  795 total views (dibaca) Sorong, TN – Pergerakan Satgas Penanggulangan Corona Virus Disease…

Brimob Polda Maluku Asah Kemampuan SAR Laut

 773 total views (dibaca)  773 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Salah satu kemampuan yang harus dimiliki…

Dana Desa Baru Terserap Rp2,5 T Untuk Relawan Desa Lawan Covid-19

 710 total views (dibaca)  710 total views (dibaca) Jakarta, TN – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan…

Februari 2022, Kota Sorong Mengalami Deflasi Sebesar 1,30 Persen

 778 total views (dibaca)  778 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Pada Februari 2022, Kota Sorong mengalami deflasi…

Sambut Hari Armada Lantamal XI Gelar Rapid Test Bagi Nelayan

 737 total views (dibaca)  737 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Menyambut Hari Armada Tahun 2020 yang…

Tenaga Arsiparis di Kaltim Masih Kurang

 699 total views (dibaca)  699 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah…

Di Masa Pandemi Covid-19, Pengangkutan PT. SPIL Alami Penurunan Drastis

 703 total views (dibaca)  703 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – PT. Salam Pasific Indonesia Lines (SPIL)…

Astaga! Positif Covid-19 di Malut Mencapai 100 Kasus

 696 total views (dibaca)  696 total views (dibaca) Ternate, TN – Setelah adanya tambahan satu kasus positif…

Pasien Sembuh Covid-19 di Kota Sorong Bertambah Menjadi 43 Orang

 669 total views (dibaca)  669 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Jumlah pasien sembuh Covid-19 di kota Sorong…

Tragis, Seorang Remaja Tewas Usai Tabrak Pick Up Muatan Seng

 715 total views (dibaca)  715 total views (dibaca) TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Seorang remaja berinisial B, tewas…