Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Lydia Kurniawati Christyana, menyerahkan piagam penghargaan dari Kemenkeu kepada Wali Kota Kupang, Jefirstson R. Riwu Kore. Foto-Ist/TN

 2,535 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, KUPANG – Pemerintah Kota Kupang memperoleh penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan tahun 2019 dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Lydia Kurniawati Christyana kepada Wali Kota Kupang, Jefirstson R. Riwu Kore.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Plt. Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang, Thomas Didimus Dagang, S.Sos. M.Si dan para peserta rakor. Penyerahan penghargaan piagam WTP dilakukan bersamaan dengan pembukaan Rapat Koordinasi Wilayah Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTT Semester II Tahun 2020, Jumat (27/11).

Wali Kota dalam sharing session opini WTP menuturkan bagaimana Pemerintah Kota Kupang berjuang sangat luar biasa untuk mendapatkan WTP.

Diakuinya, selama 24 tahun, laporan keuangan pemerintah Kota Kupang belum mencapai target untuk mendapatkan WTP.

Atas nama seluruh jajaran Pemerintah Kota Kupang Wali Kota menyampaikan terima kasih kepada tim auditor, baik pemerintah pusat maupun instansi vertikal dan semua pihak yang sudah memberikan arahan dan bantuan yang sangat luar biasa.

“Laporan keuangan ini adalah laporan keuangan yang dibuat dengan sungguh-sungguh, jujur dan baik, sehingga dapat menghasilkan hasil yang sangat baik,” ungkapnya lewat siaran persnya yang diterima Teropongnews.com.

Menurutnya, pada tahun pertama, pemeriksaan aset kendaraan sebanyak 808 kendaraan dinyatakan hilang. Di samping itu pencatatan-pencatatan aset yang lain dan laporan keuangan yang manual sangat tidak jelas.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi pengalaman pemerintah Kota Kupang menjadi catatan yang baik dan dapat berguna baik semua, baik peserta rakor maupun masyarakat,” pungkasnya.

Kepala Kantor Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Lydia Kurniawati Christyana menyampaikan amanah dari Menteri Keuangan RI, terkait piagam raihan opini WTP yang sudah dicapai oleh Pemerintah Kota Kupang untuk LKP tahun 2019.

Dia berharap, penghargaan ini terus dipertahankan sampai periode-periode selanjutnya.

Ditambahkannya, opini WTP diberikan untuk laporan keuangan pemerintah daerah yang disusun oleh Pemerintah Kota Kupang, sebagai pertanggungjawabnya setiap tahun.

Tentu dari sisi pengendalian internal kemudian kepatuhan terhadap peraturan perundangan yang berlaku, dan pemenuhan terhadap standar akuntansi pemerintahan yang dilakukan dengan berbagai pencatatan pengelolaan keuangan.

Menurutnya, ini merupakan salah satu capaian kinerja di Kanwil DJPB yang sangat berarti dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTT.

“Akuntabilitas harus terus dijaga dan memperkokoh reputasi yang tanpa batas, karena ini merupakan kewajiban kita bersama dalam bertanggungjawab,” tegasnya.

Berita lain untuk anda

Sebagai Efek Jera, Polres Merauke Proses Pelaku Pengrusakan Fasilitas Sekolah

 2,734 kali dilihat 2,734 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Polres Merauke sedang mendalami kasus pengerusakan yang…

Ambon Berpeluang Bangun Kerjasama Kota Musik Dunia

 2,564 kali dilihat 2,564 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama Ambon Music…

Pemprov Papua Barat Lirik Danau Anggi di Pegaf sebagai Pilot Project Pengembangan Investasi

 2,687 kali dilihat 2,687 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, PEGAF- Target realisasi investasi langsung oleh Presiden Joko Widodo…

100 Hari Kepemimpinan Bupati Dan Wakil Bupati Talaud, Ini Capaiannya

 2,688 kali dilihat 2,688 kali dilihat Talaud, TN – Setelah dilantik 26 Februari 2020, kini Bupati…

Cegah Virus Corona, Kapolda Maluku Pimpin Kegiatan Bersih Lingkungan

 3,113 kali dilihat 3,113 kali dilihat Ambon, TN – Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar…

KPM Takabonerate Selesai Tepat Waktu Berkat Dukungan Gubernur Sulsel

 2,548 kali dilihat 2,548 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Direktur Utama (Dirut) PT. IKI Wilayah Sulawesi…

Bea Cukai Merauke Musnahkan Barang Milik Negara Hasil Penindakan

 2,554 kali dilihat 2,554 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Petugas Kantor Bea dan Cukai Merauke melaksanakan…

Personel Satgas TMMD Kodim Tobelo Mengajar Ngaji Anak-anak

 4,006 kali dilihat 4,006 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, HALUT – Satgas TNI manunggal membangun desa (TMMD) ke…

Gerbong Mutasi Perwira Polres Sorong Bergerak, Formasi Satreskrim Dibongkar

 2,517 kali dilihat 2,517 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AIMAS – Menjelang perayaan Hari Bhayangkara ke-74 yang jatuh…

Gubernur Sulsel Ditangkap KPK, Fikri: Sementara Jalani Pemeriksaan

 2,491 kali dilihat 2,491 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah diduga…