PWI Sorong Raya memberikan pelatihan jurnalistik dasar bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model kota Sorong, Rabu (29/6/2022)

 900 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sorong Raya memberikan pelatihan jurnalistik dasar bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model kota Sorong, Rabu (29/6/2022).

Pelatihan yang dipusatkan di aula terpadu MAN Kota Sorong itu bertujuan meningkatkan wawasan pelajar dalam dunia jurnalistik.

Kepala MAN Kota Sorong, Slamet Widodo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas dukungan PWI Sorong Raya dalam menghadirkan narasumber berkompeten untuk berbagi ilmu jurnalistik.

Dia berharap, dengan pelatihan jurnalistik ini, siswa MAN Kota Sorong dapat aktif menggali ilmu yang akan disajikan oleh pemateri.

” Pada kesempatan hari ini kami sampaikan terima kasih kepada pengurus PWI Sorong Raya yang telah mendukung program sekolah dalam kegiatan ini, kami harapkan melalui kegiatan ini siswa-siswi kami dapat memiliki kemampuan dalam menulis khususnya pemberitaan sehingga kedepan dapat bersaing disejumlah kegiatan atau lomba” ujar Slamet Widodo, Rabu (29/6).

Slamet juga mengungkapkan, selain kegiatan belajar mengajar disekolah yang rutin dilaksanakan, MAN Kota Sorong juga memiliki sejumlah fasilitas yang disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Diantaranya studio podcast yang dapat dijadikan sebagai pusat kegiatan diluar pembelajaran sehingga siswa-siswi dapat mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki, terutama dalam bidang jurnalistik.

“Sebagai informasi, kami juga telah memiliki studio podcast, kita berupaya secara berkelanjutan memberi kesempatan bagi siswa-siswi agar mereka dapat mengembangkan diri didunia broadcasting sesuai minat dan bakat” tambah Slamet Widodo.

Sementara itu, Ketua PWI Sorong Raya, Wahyudi menyampaikan penghargaan atas kepercayaan pihak sekolah kepada PWI untuk memberikan materi pada pelatihan jurnalistik dasar di MAN Kota Sorong.

Menurutnya pelajar saat ini harus banyak dibekali dengan keahlian diluar dari apa yang dipelajari disekolah, sehingga selepas lulus dari MAN Kota Sorong, pelajar ini dapat menentukan pilihan kemana akan mengembangkan diri

“Saat ini siswa-siswi dituntut agar dapat memiliki keahlian tertentu, tidak hanya pada kegiatan belajar mengajar namun bagaimana dapat mengembangkan minat dan bakat yang ada, meng-upgrade kompetensi diri agar selepas sekolah dapat mengetahui bidang apa yang harus digeluti, salah satunya ya berkaitan dengan jurnalistik ini” kata Wahyudi.

Lebih lanjut, Wahyudi juga mengatakan kepengurusan PWI Sorong Raya yang baru saja dilantik dan melaksanakan rapat kerja bersepakat untuk menyusun silabus, kurikulum atau modul pelatihan jurnalistik yang dapat dipergunakan saat memberikan materi pada pelatihan semacam ini.

“Kami pada periode ini sedang menggagas suatu konsep kurikulum, silabus atau modul pelatihan jurnalistik yang akan dipakai oleh pengurus PWI Sorong Raya jika diminta untuk menjadi pemateri, sehingga apa yang kami berikan kepada pelajar, agar saat ada pelatihan dapat dilakukan berjenjang dan tentu dapat diaktualisasikan,” lanjut Wahyudi.

Pelatihan Jurnalistik dasar yang dilaksanakan oleh MAN Kota Sorong bersama PWI Sorong Raya ini merupakan kali pertama, dan sudah pasti PWI Sorong Raya siap sedia jika ada pihak sekolah, perguruan tinggi maupun organisasi yang berkeinginan melaksanakan pelatihan jurnalistik ini.

Pelatihan jurnalistik dasar ini menghadirkan Rosmini – Dewan Kehormatan PWI Sorong Raya, dan Petrus Bolly Lamak – Sekretaris PWI Sorong Raya sebagai pemateri, diikuti 32 peserta.

Berita lain untuk anda

Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM, Polda Papua Barat Sita 1.260 Liter Solar Subsidi

 10,518 total views (dibaca)  10,518 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,MANOKWARI – Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Papua Barat…

Terlibat Kasus Narkotika, Tiga Pelaku Diamankan Petugas

 730 total views (dibaca)  730 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Tiga pelaku kasus narkotika jenis ganja…

Pemkot Ternate Upayakan Tekan Tingkat Penyebaran Covid-19

 648 total views (dibaca)  648 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman…

KPI Maluku Lakukan Monitoring dan Evaluasi di Bumi Jargaria

 761 total views (dibaca)  761 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah dan…

Kodim 1707/Merauke Bagikan Paket Sembako Kepada Warga Terdampak Covid-19

 703 total views (dibaca)  703 total views (dibaca) Merauke, TN – Peduli terhadap virus corona (Covid-19), Anggota…

Tinjau Gudang Farmasi, Walikota Sorong Pastikan APD Mencukupi

 665 total views (dibaca)  665 total views (dibaca) Sorong,TN – Walikota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M.M,…

Piet – Matret : Angka 2 Punya Makna Lanjutkan Periode Kedua

 690 total views (dibaca)  690 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,BINTUNI– Calon Bupati Teluk Bintuni, Ir Petrus Kasihiw,M.T mengatakan,…

1.953 UMKM di Sulsel Membutuhkan Stimulus

 732 total views (dibaca)  732 total views (dibaca) Makassar, TN – Pandemi Virus Corona (Covid-19) memberi dampak…

Penuhi Janji, Bupati Freddy Thie Bantu Alat Musik ke Rumah Ibadah

 676 total views (dibaca)  676 total views (dibaca) TEROPONGNEWS COM, KAIMANA- Bupati Kaimana Freddy Thie, akhirnya memenuhi…

Anggota DPR Papua Barat Marthinus Nasarany Lakukan Reses III Tahun 2020

 715 total views (dibaca)  715 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Anggota DPR provinsi Papua Barat, Marthinus Abraham…