Berita

PUPR Papua Barat Buka Akses Jalan di Mare Selatan Maybrat

×

PUPR Papua Barat Buka Akses Jalan di Mare Selatan Maybrat

Sebarkan artikel ini
Tampak alat berat excavator milik PT Baya Raya yang akan mengerjakan akses jalan di lima kampung di Distrik Mare Selatan, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat. Foto-Onesimus Semuanya/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Masyarakat di sejumlah kampung di wilayah Distrik Mare Selatan Kabupaten Maybrat mengeluhkan kondisi akses jalan yang rusak akibat bencana banjir.

Hal itu mendapat perhatian serius dari pemerintah provinsi. Dinas PUPR Provinsi Papua Barat melakukan penanganan emergency dengan membuka akses jalan antar kampung di wilayah tersebut.

Pihak kontraktor yang ditunjuk untuk melaksanakan pekerjaan tersebut yakni PT Baya Raya. Andi selalu pihak kontraktor mengatakan, pekerjaan itu merupakan penanganan cepat dari Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas PUPR.

4919
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Ibadah bersama yang digelar para tokoh dan masyarakat serta pihak kontraktor di Distrik Mare Selatan sebelum proses pengerjaan jalan.

“Ruas jalan yang dikerjakan itu ruas jalan emergency, contohnya Kampung Sidi , Sire, Renis, Sire Timur, dan Kampung Sabes. Ini perlu dilakukan agar masyarakat mendapatkan akses ke ibu kota Distrik Mare Selatan maupun Kabupaten Maybrat, bahkan ke Kota-Kabupaten Sorong,”ujar Andi di Kampung Fase, Minggu (6/11/2022).

Andi mengungkapkan, sesuai instruksi Dinas PUPR Papua Barat bahwa pekerjaan jalan harus diselesaikan sesegera mungkin, agar masyarakat dapat menggunakannya pada Desember 2022.

“Kami perlu mendapat dukungan masyarakat, baik itu pemerintah kabupaten, distrik dan pemerintah kampung, termasuk pemilik hak ulayat agar sama-sama menjaga keamanan dan kelancaran pekerjaan,”harap Andi.

Kepala Distrik Mare Selatan, Welem Fawan mengapresiasi PJ Gubernur Papua Barat melalui Kepala Dinas PUPR Papua Barat karena telah menanggapi keluhan masyarakat di Mare Selatan. Menurut Welem, selama kurang lebih 8 bulan kondisi akses jalan yang rusak akibat banjir membuat masyarakat kesulitan, termasuk aktifitas pemerintahan lumpuh total.

Welem mengimbau seluruh masyarakat di lima kampung untuk bekerjasama dan mendorong serta membantu pihak kontraktor agar proses pekerjaan jalan berjalan baik.

“Perlu adanya komunikasi yang baik antara perusahaan dan masyarakat pemilik hak ulayat agar pengawasan pekerjaan berjalan dengan baik. Masyarakat harus berikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi para pekerja,”imbau Welem Fawan.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Maybrat, Naftali Hara juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi Papua Barat yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat Distrik Mare Selatan.

Pantauan Jurnalis TN, sebelum pekerjaan jalan dilakukan, terlebih dahulu digelar ibadah bersama, kemudian dilanjutkan penyerahan kunci dari Kepala Distrik Mare Selatan kepada pemilik hak ulayat, dan selanjutnya kepada pihak kontraktor yang mengerjakan jalan. Kegiatan itu diakhiri jamuan kasih yang berlangsung di Kampung Fase, Distrik Mare Selatan, Minggu (6/11/2022).