Puluhan Unit Rumah di Wajo Rusak Akibat Dihantam Puting Beliung

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, saat menyerahkan bantuan kepada korban terdampak puting beliung di Kabupaten Wajo. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Musibah bencana alam melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Wajo, Jumat (22/4/2022). Bencana berupa angin puting beliung dan angin kencang menimpa 62 unit rumah yang dihuni 69 kepala keluarga.

Berdasarkan data yang diterima Teropongnews.com, Senin (25/4/2022), angin puting beliung terjadi di Desa Tellulimpoe, dan Desa Tosora, di Kecamatan Majauleng.

Puting beliung mengakibatkan rumah roboh dan kerusakan atap di dua desa tersebut yang posisinya berseberangan jalan. Korban terdampak 60 kepala keluarga dengan 52 unit rumah.

Kejadian lainnya di Desa Lagosi, Kecamatan Pammana angin kencang mengakibatkan kerusakan atap rumah warga.

Korban terdampak sebanyak 8 kepala keluarga dengan rincian 4 rumah rusak berat, 2 rusak sedang, dan 2 rusak ringan.

Kebutuhan mendesak yang dibutuhkan korban adalah perbaikan rumah dan terpal. Musibah angin kencang juga terjadi di Kelurahan Cina dan Kelurahan Pammana, Kecamatan Pammana.

Hujan disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang di kelurahan Pammana yang menimpa rumah warga di Kelurahan Cina (perbatasan kelurahan), dan mengakibatkan macetnya jalan poros Wajo-Bone.

Di Keluran Cina, satu rumah terdampak yang dihuni satu kepala keluarga. Sementara 2 rumah rusak ringan, dimana 1 rumah tidak berpenghuni.

Usai kejadian ,dilakukan pembersihan material pohon tumbang. Saat ini, kebutuhan mendesak adalah perbaikan rumah bagi korban terdampak.

Atas musibah tersebut, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel untuk menyerahkan bantuan.

“Bencana berupa puting beliung dan angin kencang terjadi di beberapa daerah di Wajo. Ini berdampak pada puluhan rumah rusak dan pohon tumbang. Kami sudah menginstruksikan BPBD provinsi dan daerah memberikan bantuan,” kata Andi Sudirman Sulaiman, di Makassar, Senin (25/4/2022).

Sementara itu, salah seorang warga Lagosi bernama Irianto menyampaikan ucapan terima kasih dengan bantuan yang telah disalurkan Pemprov Sulsel.

“Kami warga Lagosi mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur atas bantuan yang diberikan kepada kami. Semoga bantuan bermanfaat, dan Pak Gubernur dalam keadaan sehat,” tandas Irianto.