Puluhan Satgas Apter Bergeser ke Kodim Persiapan Mappi

Personil Apter dalam apel pelepasa yang dipimpin Danrem 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kodim 1707/Merauke melepaskan 87 personil Satuan Tugas Aparat Teritorial (Satgas Apter) Kodim Persiapan Mappi untuk membantu mengawal Kodim Persiapan Mappi, di Kabupaten Mappi, Papua.

Seperti diketahui, saat ini Kodim Persiapan Mappi sedang dibangun usai peletakan batu pertama belum lama ini.

“Kehadiran mereka ini sangat kita harapkan. Sebab hampir seluruh kodim di Papua kekurangan personil kalau dihadapkan dengan luasnya wilayah,” ucap Danrem 174/ATW Brigjen TNI Bangun Nawoko, Jumat (16/07) di Merauke.

Puluhan personil BKO (Bawah Komando Operasi) ini akan menjalankan tugas selama kurang lebih sembilan bulan ke depan. Danrem tegaskan, bahwa untuk meraih keberhasilan tugas di Papua hanya dibutuhkan satu syarat, yakni syarat keberanian. Di dalam keberanian itu ada cinta, melindungi, membantu, menjaga harkat dan martabatnya orang asli Papua.

“Kalau itu ada di hati dan pikiran mereka, saya yakin tugas akan berhasil. Dan ini sudah membuktikan dari beberapa Satgas Pamtas yang menerapkan ini, mereka sangat bisa diterima masyarakat bahkan saat kepergian mereka pun ditangisi masyarakat,” ujar Danrem.

Mengenai target pembangunan Kodim, di tahun ini terselesaikan pembangunan perumahan Kodim dan rumah Dandim. Sedangkan di tahun 2022 nanti, akan menyelesaikan pembangunan kantor.