Puluhan Rumah Warga di Toraja Terendam Banjir

Bantuan logistik yang sementara dipersiapkan, untuk disalurkan ke Kabupaten Tana Toraja. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Sekitar 40 rumah warga di Kabupaten Tana Toraja terendam banjir, akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Sabtu (21/11/2021).

Hujan deras tersebut mengakibatkan terjadinya luapan air di selokan dan sungai kecil yang melintas di Kelurahan Aring dan Tondo Mamullu, di Kecamatan Makale.

Air yang tergenang setinggi 30-50 cm itu bahkan memasuki rumah warga, yang mengakibatkan 40 Kepala Keluarga (KK) terdampak. Air dari saluran pembuangan juga meluap ke jalan raya di poros Makale–Sangalla.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, langsung menginstruksikan BPBD Sulsel untuk menyalurkan bantuan logistik.

“BPBD Provinsi telah menyalurkan bantuan logistik pangan dan family kit untuk korban terdampak banjir di Kabupaten Tana Toraja,” katanya kepada wartawan, di Makassar, Selasa (23/11/2021).

Ia berharap, masyarakat untuk tetap waspada. Mengingat Sulsel termasuk salah satu wilayah yang sedang mengalami periode transisi atau peralihan musim, dari musim kemarau ke musim hujan.

Pemprov Sulsel pun telah mengambil langkah kesiapsiagaan menghadapi fenomena La Nina yang diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan terjadi pada akhir 2021 hingga awal 2022.

Untuk diketahui, dari laporan Pusdalops BPBD Tana Toraja, sebanyak 24 rumah terdampak di Kelurahan Ariang, dan 15 rumah terdampak di Kelurahan Tondo Mamullu.