Puluhan Peserta Sajikan Karya Terbaik Lomba Cipta Menu

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Merauke mencicipi menu peserta. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke menggelar Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) di Kota Merauke, yang diikuti puluhan kelompok organisasi wanita.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Martha Bayu mengutarakan, tujuan pelaksanaan lomba cipta menu B2SA adalah, meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman guna meningkatkan kualitas hidup. Mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat pada umumnya dan khususnya ibu rumah tangga dalam memilih, menentukan, menyusun menu B2SA berbasis sumber daya lokal, serta membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka menu makanan dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada di sekitar rumah.

“Dari 30 yang mendaftar hanya 28 yang mengikuti lomba. Untuk pemenang akan mengikuti lomba cipta menu tingkat provinsi bulan November nanti, ” ujar Martha di Mopah Merauke, Rabu (12/10/2022).

Kriteria penilaian yang dilakukan tim juri adalah keseimbangan menu, keanekaragaman jenis pangan, kreativitas pengembangan resep dan aplikasi, cita rasa, tampilan dan keamanan pangan. Para pemenang akan diberikan tropi dan uang tunai kemudian para pemenang akan mengikuti lomba cipta menu ke tingkat provinsi pada November mendatang.

Wakil Bupati Merauke H. Riduwan kesempatan yang sama mengapresiasi kreativitas dari ibu-ibu dengan menyajikan beragam menu terbarunya itu. Ia berharap lomba yang digelar ini akan mendorong para ibu untuk lebih bersemangat berinovasi menciptakan menu-menu baru yang bersumber dari pangan lokal hingga menghasilkan sumber pendapatan keluarga.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Karolina Mbaraka juga hadir memberikan support kepada peserta dengan mencicipi hasil masakan yang sudah tersaji, sembari memberikan masukan kepada peserta.

Selain lomba cipta menu juga dibarengi dengan pasar pangan murah kerjasama Toko Tani dan Bulog Merauke. Harapannya dapat menekan disparitas harga dan memudahkan masyarakat mendapatkan bahan makanan pokok.