Berita

Puluhan Boks DOC Asal Jayapura Dimusnahkan Karantina Pertanian Merauke

×

Puluhan Boks DOC Asal Jayapura Dimusnahkan Karantina Pertanian Merauke

Sebarkan artikel ini
Puluhan boks DOC dimusnahkan petugas Karantina Pertanian Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sebanyak total 40 box DOC asal Jayapura dimusnahkan pejabat Karantina Pertanian Merauke, lantaran DOC jenis layer dan broiler ini ditemukan mati di alat angkut.

1479
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

drh. Yayan, medik veteriner saat bertugas menerangkan, bila DOC menunjukkan gejala hipoksia (kekurangan oksigen) saat pengangkutan, seperti letargi, dan mati kaku.

“Total 40 boks DOC yang mati ini terdiri atas 39 box DOC layer dan 1 box broiler, milik 2 pengguna jasa yang rutin mendatangkan DOC dari Jayapura. Saat bongkar di kargo Bandara Mopah, kami mendapati DOC banyak yang mati, sehingga kami segera memilah antara yang mati dan hidup,” ungkapnya, Minggu (9/8).

DOC diambil sampel darahnya untuk dilakukan pengujian di laboratorium, dan langsunh dilakukan pemusnahan di insinerator Karantina Pertanian Merauke dengan disaksikan langsung oleh pemilik.

drh. Yunetta Putri Arios, M. Si selaku Plt. Kasubsie Yanops Karantina Pertanian Merauke mengatakan bila DOC yang mati di alat angkut segera dimusnahkan karena berpotensi membawa penyakit.

“Sesuai Kepmentan No. 600/2017 Papua dinyatakan bebas dari Avian Influenza, pejabat di lapangan menjalankan SOP dan terus berkoordinasi, demi mempertahankan Papua yang bebas Avian influenza,” pungkasnya.