Direktur PLI, Samuel Tambuni dan Deputi Akademik Manager PLI, Korinus Waimbo. Foto-Getty/TN

 2,607 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Papua Language Institute (PLI) terus mendorong generasi muda asli Papua dalam hal capasity building dengan mengikuti study di luar negeri.

Guna menindaklanjuti program ini, CEO dan Direktur Papua Languange Institute, Samuel Tambuni bersama Deputi Akademik Manager PLI, Korinus Waimbo melakukan pertemuan dengan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka di Lantai 3 Kantor Bupati Merauke, Senin (19/04).

“Kita hari ini membahas berapa banyak, dari sekolah mana saja yang akan ikut. Terutama tamatan sekolah yayasan maupun ada yang mau lanjut S2 dan S3,” ucap Samuel kepada wartawan.

Untuk itu, menurutnya perlu dilakukan sosialisasi di sekolah-sekolah maupun kepada masyarakat asli Papua Marind untuk ikut mengambil kesempatan sebab, kuota yang tersedia sebanyak 30 orang.

Peserta akan melalui proses pembinaan bahasa dan sains. Kemudian, seleksi dan test wawancara khusus kemahiran dalam berkomunikasi bahasa asing.

PLI telah bekerja sama dengan beberapa negara seperti Amerika, Inggris, Australia, dan New Zelan, termasuk Rusia. Masing-masing peserta akan mengetahui ke negara mana akan dikirim setelah pelatihan dan test wawancara.

“Di Merauke ini, sesuai permintaan Pak Bupati lebih fokus ke anak Marind,” ujarnya.

Kembali disampaikan oleh Deputi Akademik Manager PLI, Korinus Waimbo bahwa kerja sama program startegis perkembangan SDM ini memang difokuskan kepada anak asli Papua, dan Merauke khusus anak Marind.

“Siswanya disiapkan dari Pemda lalu kami akan melakukan pelatihan dan tes dari sisi kemampuan bahasanya,” terang Korimus.

Setiap tahun, lanjutkan Korinus, PLI rutin mengirim pelajar ke luar negeri dengan harapan semakin banyak generasi OAP yang punya kemampuan SDM handal.

“Kita fokuskan khusus untuk SDM. Tidak ada kata terlambat. Kita akan alokasikan APBD untuk persiapan mereka. Kalau biaya keluar negeri ditanggung pemerintah Provinsi Papua,” sambung Bupati Merauke, Romanus Mbaraka.

Romanus menginginkan orang Merauke menjadi orang yang punya wawasan luas, handal dan berpikir dunia.

Berita lain untuk anda

Ribuan Paket Olahan Ikan Kembali Dibagikan Anggota DPR RI Ini !

 4,461 kali dilihat 4,461 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Rumah Aspirasi H. Sulaeman L. Hamzah kembali…

Lagi-lagi Warga Terjaring Saat Operasi Yustisi di Kendari

 2,723 kali dilihat 2,723 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Sebanyak 31 orang pelanggar protokol kesehatan (prokes)…

Eksodus di Maybrat jadi Rekomendasi Raker Kepala Daerah Se Provinsi PBD

 1,288 kali dilihat 1,288 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Salah satu rekomendasi rapat kerja bupati/ walikota…

Program P2L di KWT Aru Berdaya Sejahtera Merauke Terus Dikembangkan

 2,881 kali dilihat 2,881 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Kelompok Wanita…

Asik Pesta Miras, Empat Pemuda Ini Ditangkap Polisi

 2,604 kali dilihat 2,604 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Tim Reserse Mobile (Resmob) Direktorat Reserse Kriminal…

Bertambah 58 Orang, Total Keseluruhan Terkonfirmasi Positif COVID-19 sebanyak 2.777 Kasus

 2,629 kali dilihat 2,629 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Tim Satgas Covid-19 Kota Sorong kembali menerima hasil…

Komisi IV Minta Disdikbud Identifikasi Wilayah yang Akses Internet Terbatas

 2,681 kali dilihat 2,681 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Komisi IV DPRD Provinsi Maluku meminta Dinas…

TNI AL Gandeng UNIMUDA Sorong Laksanakan Serbuan Vaksinasi

 2,650 kali dilihat 2,650 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Komando Armada (Koarmada) III bersinergi dengan Universitas Pendidikan…

Ini Penjelasan Pertamina Mengenai Kuota Minyak Tanah Untuk Kabupaten Merauke

 2,809 kali dilihat 2,809 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kutoa BBM khusus minyak tanah untuk Daerah…

Bupati Maybrat Serahkan SK Kenaikan Pangkat dan SK CPNS Formasi 2018

 2,543 kali dilihat 2,543 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT-Bupati Maybrat Dr Drs Bernard Sagrim, MM, menyerahkan SK…