PT. BIA Bersama Telkomsel Berkomitmen Papua Terhubung Internet

Assisten Manager Representatif Office PT. BIA Merauke, Erwan. Foto-Ist/TN

Merauke, TN – Sejak tahun 2012, PT. Bio Inti Agrindo (BIA) memulai bisnisnya di tanah Papua tepatnya di wilayah Merauke. Pada saat itu, di wilayah kerjanya belum ada satupun jaringan yang bisa digunakan untuk berkomunikasi, baik melalui telepon maupun internet. Sejalan dengan pembangunan bisnisnya, PT. BIA berkomitmen untuk membangun daerah di sekitarnya.

Kemudian, di awal tahun 2014-2016, PT. BIA melakukan kerjasama dengan Telkomsel untuk mewujudkan akses telekomunikasi di sekitar wilayah kerja PT. BIA. Kerjasama antara dua perusahaan ini biasa disebut B2B atau Business to Business.

“Dari hasil kerjasama tersebut, kami berhasil merealisasikan dua tower dengan kapasitas jaringan 2G di sekitar wilayah Estate A PT. BIA. Saat itu, layanan telekomunikasi yang dapat dinikmati masih berupa layanan telepon dan layanan pesan singkat (SMS), juga data EDGE walaupun belum maksimal kala itu,” jelas Assisten Manager Representatif Office PT. BIA, Erwan dalam rilisnya, Minggu (7/6).

Lanjut Erwan, seiring berjalannya waktu, PT. BIA terus melanjutkan program kerjanya itu. Kemudian, dalam kurun waktu 2018–2020, perusahaan ini berusaha menghadirkan layanan 4G berkualitas dalam genggaman meskipun berada di daerah pelosok.

“Ini masih bekerja sama dengan Telkomsel. Bulan Maret 2020 lalu, layanan 4G berhasil on air dan dinikmati oleh masyarakat di wilayah sekitar Merauke dan Tanah Merah (Portal),” ujar dia.

Selain itu, sambung Erwan, di bulan Mei 2020, ada tiga tower dengan layanan 4G dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat di sekitar Merauke di Kampung Muting. Dengan hadirnya jaringan 4G Telkomsel, maka masyarakat kini dapat menikmati layanan berbasis broadband yang lebih maksimal.

“Kami percaya dengan hadirnya teknologi komunikasi, jarak dan waktu bukan lagi menjadi hambatan. Karena terhubung dengan dunia luar adalah modal utama Papua untuk dapat maju dan berkembang. Hal ini seiring dengan program Corporate Social Responsibility (CSR), beyond to POSCO Corporate Citizenship,” tandas dia.