Proyek Kereta Api Makassar-Parepare Akan Segera Dioperasikan Secara Terbatas

Proyek Kereta Api Makassar-Parepare. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Proyek Kereta Api Makassar-Parepare akan segera dioperasi secara terbatas untuk publik. Rencananya untuk tahap I ini dilakukan pada 29 Oktober 2022, sepanjang 50 Km.

Jalur tahap 1 ini menghubungkan Pelabuhan Garongkong, di Kabupaten Barru sampai dengan ke Stasiun Mangilu di Pangkep.

Dijadwalkan, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman akan hadir langsung pada pengoperasian kereta api terbatas rute Barru-Pangkep ini.

“Rencana Pak Gubernur bersama Balai Pengelola Kereta Api akan lakukan pengoperasian terbatas pada 29 Oktober 2022, untuk pengoperasian kereta api,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Muhammad Arafah kepada wartawan, di Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (28/10/2022).

Arafah mengungkapkan, salah satu alasan pengoperasian terbatas ini, lantaran sarananya belum siap, seperti gerbong yang digunakan ini telah dimodifikasi sambil menunggu datang gerbong yang baru.

“Saat ini masih menggunakan gerbong penumpang, dengan jumlah penumpang 80-100 orang. Gerbong yang baru informasinya baru dapat digunakan pada Januari nanti, rencananya dua gerbong,” jelasnya.

Arafah menyebutkan, saat ini proses kontruksi untuk jalur Pangkep dan Maros sementara dikerjakan. Adapun panjang rute Maros-Pangkep sekitar 70 Km.

Balai Pengelola Kereta Api Sulsel sendiri telah memastikan semua persiapan. Termasuk pengecekan kelayakan tim dari PT KAI.