Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat meluncurkan Program Mandiri Benih resmi diluncurkan, Jumat (22/4/2022), bertempat di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI). Foto-Ist/TN

 2,042 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Program Mandiri Benih resmi diluncurkan, Jumat (22/4/2022), bertempat di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI). Mandiri Benih sekaligus menjadi program perdana Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel), terkait penyediaan benih padi.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya mengatakan, pihaknya telah menjadikan pertanian sebagai sektor prioritas dan andalan. Pasalnya, kontribusi sektor tersebut sangat besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sulawesi Selatan.

Di masa pandemi, pertanian juga terbukti paling tangguh dan tahan menghadapi gejolak. Bahkan, pertanian bertumbuh positif di tengah tumbangnya sektor lain.

Karena itu, dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan produktivitas, khususnya komoditas utama padi, pihaknya melaksanakan Program Prioritas Mandiri Benih. Anggaran program tersebut bersumber dari APBD.

“Wujud dari pelaksanaan mandiri benih dituangkan melalui kegiatan penyediaan benih padi unggul bermutu, melalui penangkaran benih padi seluas 850 ha yang menghasilkan benih sebanyak 2.600 ton. Jumlah benih tersebut diperuntukkan untuk pertanaman padi seluas 100.000 ha sawah,” ujar Andi Sudirman.

Selain menggenjot produksi padi, program ini juga bertujuan untuk mengantisipasi terbatasnya benih unggul yang masih dihadapi para petani di Sulsel.

“Untuk Sulawesi Selatan, pemakaian benih unggul padi pada tahun 2021 baru sekitar 42,05 persen. Kondisi tersebut masih belum ideal, dalam penggunaan benih unggul bermutu dalam meningkatkan produktifitas secara keseluruhan di Sulawesi Selatan,” sebutnya.

Olehnya itu, melalui Mandiri Benih, Andi Sudirman berharap, petani dapat membangun kemandirian benih dalam usaha taninya. Dengan program ini, benih unggul bermutu di tingkat petani dapat tersedia secara mandiri dan berkelanjutan.

“Petani kita juga diberdayakan melalui pendampingan teknis dari petugas sehingga petani dapat memiliki ilmu, pengetahuan dan teknologi dalam memproduksi benih. Sehingga mereka dapat mendorong peningkatan penggunaan benih unggul bermutu di tingkat petani yang akan berdampak pada peningkatan produksi pertanian secara berkelanjutan,” pungkas Andi Sudirman.

Sementara, Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPH-BUN) Sulsel, Imran Jausi menjelaskan, pelaksanaan Mandiri Benih dimulai sejak Oktober 2021. Diawali dengan perbanyakan Benih Pokok (BP) dan Benih Sebar (BR).

“Tahapan tersebut merupakan faktor kunci untuk menghasilkan benih yang berkualitas secara mandiri oleh para petani,” jelasnya.

Imran menuturkan, penangkaran benih dilakukan dalam dua tahap musim tanam. Tahap I yakni pada musim tanam Oktober-Maret (2021/2022), benih sebar yang ditangkarkan pada luas lahan 400 Ha.

Kegiatan tersebut melibatkan penangkar sebanyak 234 orang. Dari penangkaran tersebut, 304 Ha diantaranya sudah panen, dengan estimasi produksi calon benih sebanyak 912 ton.

“Sampai saat ini panen masih berlanjut di lapangan dan diperkirakan panen akan selesai akhir Mei 2022. Jumlah produksi benih tahap I kurang lebih mencapai 1.200 ton,” ucap Imran.

Sedangkan untuk penangkaran benih tahap II, dilakukan pada musim tanam April-September 2022 dengan luas lahan 450 Ha. Perkiraan produksi benih tahap II ini mencapai 1.400 ton.

“Dengan demikian jumlah benih yang dihasilkan dan akan dibantukan ke petani tahun ini kurang lebih 2.600 ton untuk luas lahan 100 Ha,” tandas Imran.

Berita lain untuk anda

Chanry Andrew Suripatty Ditunjuk Sebagai Korwil Maluku-Papua IJTI Pusat

 165 total views (dibaca)  165 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA- Setelah melalui proses panjang dalam Kongres VI…

Camat dan Lurah di Ternate Diminta Gencar Lakukan Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

 171 total views (dibaca)  171 total views (dibaca) Ternate, TN – Untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19),…

Sekolah Di Kota Sorong Bakal Dibuka Kembali

 175 total views (dibaca)  175 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Walikota Sorong, Drs. Ec. Lamberthus Jitmau, MM…

KPU Gelar Simulasi Tentang Protokol Kesehatan Saat Pilkada di Sulut

 162 total views (dibaca)  162 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANADO – KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar…

Uskup Mandagi Ajak Tetap Jaga Kedamaian di Selatan Papua

 158 total views (dibaca)  158 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Uskup Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke,…

Airlangga Hartarto: Banyak Program Permodalan Untuk UMKM

 187 total views (dibaca)  187 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Pusat (Pempus) memiliki banyak program…

Fahmi Macap : Jika Terbukti, Saya Pertaruhkan Harga Diri Saya Sebagai Anggota DPRD

 196 total views (dibaca)  196 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Ketua DPC Partai Amanat Nasional (PAN)…

IJTI Pengda Papua Barat dan PWI Sorong Raya Tegas Nyatakan PPWI Bukan Konstituen Dewan Pers

 958 total views (dibaca)  958 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Kordinator Wilayah (Korwil) Papua Maluku, Ikatan…

Yayasan Buddha Tzu Chi Sumbang 2000 Masker Untuk Tenaga Medis Di Sorong

 221 total views (dibaca)  221 total views (dibaca) Sorong,TN – Yayasan Buddha Tzu Chi memberikan sumbangan sebanyak…

Pemkab Jayapura Bentuk Tim Kajian Pencabutan Ijin Perusahaan Kelapa Sawit

 2,089 total views (dibaca)  2,089 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura telah membentuk…