Program Mandiri Benih Tahun 2022, di Desa Ujung Tanah, Kecamatan Bola, Kabupaten Wajo. Foto-Ist/TN

 2,274 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Program Mandiri Benih Tahun 2022 di Kabupaten Wajo dinilai berhasil. Salah satunya di Desa Ujung Tanah, Kecamatan Bola, Kabupaten Wajo.

“Alhamdulillah di Desa Ujung Tanah di Bola, Kabupaten Wajo untuk satu hektar meningkat dari sebelumnya menjadi 7,2 ton per hektar,” kata Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman kepada wartawan, di Makassar, Senin (5/9/2022).

Hal ini berdasarkan pengubinan yang dilakukan pada luas 2,5 x 2,5 meter. Dimana hasil sebelumnya hanya 5 ton per hektar.

Salah seorang petani dari Poktan Lasapeda, Muhammad Tamrin menyampaikan rasa syukurnya.

“Saya mengucapkan kepada Bapak Gubernur Sulsel, H Andi Sudirman, terima kasih banyak telah memberikan bantuan Mandiri Benih kepada kami. Sehingga panen kami meningkat yang dulunya hanya mencapai 5 ton,” sebutnya.

“Alhamdulillah berkat dari bantuan Bapak, juga bimbingan penyuluh, sehingga panen kami bisa meningkat menjadi 7 ton mudah-mudahan ke depannya perhatian dan kebijakan tetap berpihak kepada kami,” harapnya.

Untuk di Kabupaten Wajo, pada Musim tanam April-September 2022, bantuan Mandiri Benih sebanyak 75 ribu kg yang menyasar 3.000 hektar lahan pertanian. Yang diperuntukkan untuk kelompok tani penerima bantuan sebanyak 2.339 orang petani.

Sedangkan, rencana bantuan benih musim tanam Oktober 2022-Maret 2023. Luas 5.975 hektar dengan jumlah bantuan benih 149.375 Kg.

Diketahui, Mandiri Benih merupakan program prioritas Pemprov Sulsel yang diinisiasi oleh Gubernur Andi Sudirman untuk memberikan bantuan benih gratis yang unggul.

Selain itu, benih yang dibagikan ke masyarakat minim penggunaan bahan kimia dan penangkaran dilakukan di Sulsel sendiri oleh Instalasi kebun benih milik Pemprov kerjasama dengan para petani penangkar. Dengan target bantuan benih menyasar untuk 100 ribu hektar lahan pertanian, yang tersebar di Kabupaten/Kota di Sulsel.

Berita lain untuk anda

Pemprov Kalsel Dukung RUU Minuman Beralkohol

 3,058 kali dilihat 3,058 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Staf Ahli…

Tahun 2022 Perum Damri Merauke Masih Melayani Enam Trayek

 2,804 kali dilihat 2,804 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Rute pelayanan Perusahaan Umum (Perum) Damri Cabang…

Mantan Wakil Presiden RI Kunjungi PMI Papua dan HMI Jayapura

 2,812 kali dilihat 2,812 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Mantan Wakil Presiden RI, sekaranga sebagai Ketua…

Tiga Instansi Tandatangani Nota Kesepahaman Terkait Layanan SIBETALINE dan PAPEDA

 2,731 kali dilihat 2,731 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Penandatanganan nota kesepahaman antara Pengadilan Negeri, Kejaksaan…

Cabup Raja Ampat Lantik Tim Pemenangan Faris-ORI di Dua Distrik

 2,724 kali dilihat 2,724 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Calon bupati (Cabup) kabupaten Raja Ampat, Abdul…

Namanya Dicatut Lagi, Gubernur Papua Barat Tempuh Jalur Hukum

 3,047 kali dilihat 3,047 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI– Nama dan tandatangan Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus…

Pemkab Sorong Bantu Korban Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Kota Sorong

 3,624 kali dilihat 3,624 kali dilihat “Tangis Kota Sorong adalah Tangisan Kabupaten Sorong” TEROPONGNEWS.COM, SORONG Pemerintah…

Ratusan Mahasiswa UMS Sorong Diwisuda

 2,801 kali dilihat 2,801 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Universitas Muhammadiyah Sorong (UMS) menggelar rapat Senat…

NasDem Kota Sorong Buka Rekrutmen Bakal Calon Legislatif Tanpa Mahar

 4,967 kali dilihat 4,967 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kota Sorong…

Terumbu Karang dan Mangrove di Takalar Direhabilitasi DKP Sulsel

 3,418 kali dilihat 3,418 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Terumbu karang dan hutan mangrove merupakan ekosistem…