Program Langit Biru Mengurangi Dampak Pemanasan Global dari Gas Emisi Karbon

SPBU Wikutama Jl. A. Yani Merauke. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Perlu diketahui masyarakat, bahwa Program Langit Biru (PLB) merupakan Program Nasional yang bertujuan untuk memberikan layanan dan sensasi bagi masyarakat untuk merasakan berkendara menggunakan BBM berkualitas dan ramah lingkungan, guna mengurangi dampak pemanasan global dari gas emisi karbon.

Pertamina saat ini masih terus mendukung penuh terhadap proyek strategis nasional. Dimana adanya dukungan pembangunan infrastruktur energi, pemberdayaan dan kemandirian ekonomi nasional, seperti yang sudah berjalan sebelumnya berupa Program BBM 1 harga, Pertashop & bahkan Pinky Movement dan menyusul PLB.

Program PLB juga merupakan komitmen bukti dukungan dari Pemerintah, Masyarakat dan Pertamina yang sejalan dengan visi dari Presiden ketika menghadiri KTT G-20 tentang Climate Change Conference of the Parties (COP 26) atau konferensi perubahan iklim di Glasgow Skotlandia pada 1 November – 2 November 2021 lalu.

“Saat ini edukasi terhadap penggunaan BBM berkualitas dengan RON lebih tinggi dan ramah lingkungan di respon baik oleh pasar. Di Merauke konsumen BBM berkualitas yang merespon baik merupakan pemilik kendaraan pribadi dan secara presentase menunjukkan tren kenaikan sekitar 35% dari sebelumnya,” ujar Fajar Sidiq F selaku Jr. Assistant I CSR & SMEPP, Jumat (05/11) dalam rilisnya.

Hal ini lanjut dia, di dorong juga dengan adanya program-program dari pertamina seperti pertashop yang sudah tersebar 12 titik di Merauke dan akan terus bertambah. Pertashop sendiri merupakan Lembaga Penyalur resmi dari Pertamina yang memiliki keunggulan akses dekat dengan masyarakat, dengan harga sama seperti di SPBU (Pertamax Rp 9200 dan Dexlite Rp 9700), serta takaran yang tepat.

“Selain itu, BBM berkualitas yaitu Pertamax dan Dexlite yang punya manfaat membuat mesin kendaraan lebih bersih, bebas korosi dan semakin lebih awet,” sambung Fajar.

Program PLB dan Pertashop di Merauke dan sekitarnya juga mendapatkan dukungan dari Stakeholder dan Pemda Merauke karena dengan hadirnya PLB dan Pertashop ini dapat memberikan kemudahan masyarakat dalam mendapatkan BBM berkualitas dan ramah lingkungan. Program PLB ini juga dijalankan serentak di seluruh kota di Indonesia. “Mari kita jaga supaya langit Papua tetap biru,” ajak Fajar.

Wakil Bupati Merauke, H Riduwan menyambut baik program dimaksud sebab tujuan dari program PLB, pemerintah berupaya menekan terjadinya polusi udara yang diakibatkan dari bahan bakar premium.

“Ini program nasional yang harus kita terima untuk ramah lingkungan, mengurangi terjadi pencemaran udara. Sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke menyambut baik program ini. Kita berharap Pertamina konsisten dalam pelayanan terhadap BBM kepada seluruh masyarakat,” ungkap H Riduwan.