Berita

Program Blue Action Fund Dukung Upaya Pemprov Papua Barat Kembangkan Kawasan Konservasi Perairan

×

Program Blue Action Fund Dukung Upaya Pemprov Papua Barat Kembangkan Kawasan Konservasi Perairan

Sebarkan artikel ini
fieldtrip ke Kampung Malamkarta sebagai salah satu lokasi implementasi Program Blue Action Fund. (Foto: Hans Agung Pasak/YKAN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Perairan di bentang laut kepala burung, Provinsi
Papua Barat merupakan salah satu perairan yang memiliki keanekaragaman hayati tertinggi di dunia.

1066
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Untuk itu diperlukan pengelolaan sumber daya pesisir terpadu yang mengedepankan
aspek pelestarian sumberdaya laut dan perikanan agar dapat memberikan manfaat jangka
panjang bagi masyarakat dan para pemangku kepentingan setempat.

Hal ini mengemuka dalam Rapat Koordinasi Komite Pengarah dan Komite Seleksi Proposal Program Blue Action Fund di Rylich Panorama Hotel Sorong tanggal 15-17 Februari 2022 yang diselenggarakan oleh Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) di Kota Sorong.

Rapat Koordinasi Komite Pengarah dan Komite Seleksi Proposal Program Blue Action Fund di Rylich Panorama Hotel Sorong. (Foto: Hans Agung Pasak/YKAN)

Provinsi Papua Barat diketahui memiliki luas wilayah laut 106.598,9 km2 dengan panjang garis pantai 12.455 km yang dihuni lebih dari 1.700 spesies ikan karang dan 600 spesies karang keras, serta ekosistem mangrove seluas 482.029 hektare.

Sumber daya hayati terbaharukan ini tentunya harus kita jaga dan lestarikan. Terkait hal tersebut, arah pembangunan di Provinsi Papua Barat memprioritaskan aspek konservasi yang dituangkan dalam Peraturan Daerah Khusus Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pembangunan Berkelanjutan di Provinsi Papua Barat.

“Pembangunan tidak saja fokus pada aspek fisik, tetapi juga memperhatikan aspek keberlangsungan lingkungan tempat hidup dan pemberian hak akses masyarakat lokal dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam secara berkelanjutan,” terang Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Barat Jacobis Ayomi dalam forum tersebut.

Dikatakan Jacobis, pemerintah Provinsi melalui Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Tahun 2019-2039 mengalokasikan 4,1 juta hektare atau 39,9% luas wilayah laut Papua Barat sebagai Kawasan Konservasi Perairan, Pesisir dan Pulaupulau Kecil.

Luas tersebut berkontribusi sekitar 13,8% terhadap luasan target nasional. Termasuk
di dalamnya pengembangan wilayah kelola masyarakat hukum adat yang tersebar di beberapa kabupaten pesisir di Provinsi Papua Barat.

Untuk mewujudkan alokasi tersebut, saat ini Pemerintah Provinsi Papua Barat berkomitmen mendorong pengembangan kawasan konservasi perairan di perairan Misool bagian utara, Kabupaten Raja Ampat, dengan luas 308.692 hektare, dan Maksegara yang melintasi Kabupaten.

Sorong dan Kabupaten Tambrauw dengan luas 135.302 hektare. Di samping itu, Pemerintah
Provinsi Papua Barat juga berkomitmen mendampingi masyarakat hukum adat dalam
mengembangkan dan mengelola wilayah kelola adatnya secara berkelanjutan.

Sementara itu, Bird’s Head Seascape Manager YKAN Lukas Rumetna mengatakan, dalam rangka percepatan dan mendukung upaya tersebut, YKAN bersama para mitra yang terdiri dari Universitas Papua, Dewan Adat Suku Maya, dan Yayasan Nazaret Papua Barat, dengan dukungan pendanaan dari Blue Action Fund telah melaksanakan program sejak Desember 2020 di Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Sorong, dan Kabupaten Tambrauw.

Program ini diimplementasikan melalui tiga program utama, yaitu penetapan dan pengelolaan kawasan konservasi yang dipadukan dengan pengelolaan perikanan skala kecil, peningkatan kapasitas pengelola kawasan konservasi, perikanan skala kecil dan masyarakat hukum adat, serta pengembangan mata pencaharian masyarakat.

“Upaya ini selaras dengan program pemerintah dalam rangka pencapaian target 30 juta hektare kawasan konservasi pada tahun 2030 atau 10% dari luas perairan Indonesia,” pungkas Lukas Rumetna.

Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) adalah organisasi nirlaba berbasis ilmiah yang hadir di Indonesia sejak 2014.

Memiliki misi melindungi wilayah daratan dan perairan sebagai sistem penyangga kehidupan, kami memberikan solusi inovatif demi mewujudkan keselarasan alam dan manusia melalui tata kelola sumber daya alam yang efektif, mengedepankan pendekatan nonkonfrontatif, serta membangun jaringan kemitraan dengan seluruh pihak kepentingan untuk Indonesia yang lestari.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.YKAN.or.id.